Achmad Nugraha Harapkan Musrenbang Kedepankan Program Prioritas

Ahmad Nugraha 1

HumasDPRD – Kecamatan Batununggal menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2020, di Jalan Gatot Subroto No.289, Kelurahan Cibangkong, Kota Bandung, Senin (10/2/2020). Hadri dalam Musrenbang tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, H. Achmad Nugraha DH., SH, beserta tiga orang anggota Komisi D, H. Agus Andi Setyawan, S.Pd.I, H. Erwin, SE., dan Iwan Hermawan, SE., Ak.

Musrenbang Kecamatan Batununggal ini, bertujuan untuk membahas dan menyepakati hasil dari Musrenbang yang telah dilaksanakan di setiap kelurahan. Selain itu, Musrenbang dilaksanakan sebagai ajang kordinasi, konfirmasi, dan klarifikasi usulan program tingkat Kecamatan. Dengan kata lain, Musrenbang dilaksanakan untuk menyinkronisasikan perencanaan di tiap kelurahan, mengklasifikasikan prioritas kegiatan pembangunan, dan menetapkan prioritas kegiatan pembangunan.

Pada tahun 2020 ini, terdapat 298 program yang meliputi pembangunan di sektor infrastruktur, ekonomi, dan sosial budaya. Pada Tahun 2019 lalu, realisasi kegiatan hasil usulan Musrenbang berjumlah 82.

Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, H. Achmad Nugraha DH., SH, menyatakan, perlu pengkajian yang mendalam mengenai kegiatan-kegiatan yang diajukan dalam Musrenbang.

“Musrenbang ini kegiatan tahunan. Saya berharap, program yang tidak begitu penting tidak diajukan. Lebih baik dialokasikan kepada beberapa daerah atau RW yang memang betul-betul membutuhkan,” ungkapnya.

Ke depan, lanjut Ahmad, kegiatan seperti Musrembang dan Reses anggota dewan tidak berbenturan. Hasil dari kegiatan tersebut, harus diinformasikan kepada masyarakat supaya perencanaannya jelas dan manfaanya bia dirasakan oleh masyarakat.

“Intinya mana program yang harus di prioritaskan dan mana yang tidak,” tandasnya.

Anggota Komisi D, Erwin, SE., mengatakan, usulan kegiatan yang masuk harus memiliki tolak ukur dan mengedepankan keadilan.

“Karena kita sebagai pemimpin harus selalu memperjuangkan masyarakat,” tukasnya.

Sementara anggota Komisi D Lainnya, Iwan Hermawan menilai, ke depan harus ada perubahan yang nyata dan dirasakan oleh masyarakat luas.

“Apa yang kita harapkan semoga menjadi hasil di kemudian hari. Intinya kita mengubah mindset. Jangan ada batas atau dibatasi agar masyarakat bisa lebih leluasa menyampaikan segala aspirasi,” tegasnya.

Perencanaan pembangunan di wilayah Kecamatan Batununggal Tahun 2020 antara lain:
1. PIPPK Plus
2. Pusat kreativitas pemuda di setiap wilayah
3. Youthspace di setiap kelurahan
4. Perpustakaan keliling
5. Koperasi masjid di setiap masjid Jami kelurahan
6. Pusat pelayanan dan pemberdayaan perempuan disetiap kelurahan
7. Bank sampah perkecamatan
8. Co-working space per kecamatan
9. Menciptakan 1 Koperasi juara di setiap kelurahan

Kondisi wilayah Kecamatan Batununggal Kota Bandung per Januari 2020; Kepadatan penduduk rata-rata adalah 25.629 jiwa/km2. Kepadatan penduduk paling tinggi ada di kelurahan maleer sebesar 45.563 Jiwa/km2.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print