Senin, Desember 17Website Resmi DPRD Kota Bandung

Anggota DPRD Bandung Ini Minta Permasalahan Penetapan Sekda Kota Bandung Segera Diselesaikan

BANDUNG – Anggota DPRD Kota Bandung Ade Fachruroji turut menanggapi kemelut penetapan Sekda Kota Bandung.Dia meminta agar permasalahan tersebut segera diselesaikan tanpa ada masalah.

Terkait informasi keberadaan dua surat berbeda tentang Sekda, sikap tepat yang untuk diambil tentu bertabayun secara bijaksana tanpa tergesa-gesa memastikan mana yang benar dan tanpa berasumsi atau berspekulasi apa yang terjadi di luar fakta yang ada.

Menurut Ade, surat dari Kemendagri harus diperjelas sehingga persoalan tidak menjadi bias dan fokus melemah dari upaya mencari solusi terbaik persoalan penetapan sekda.

“Peraturan perundang-undangan mengatur kewenangan sekaligus juga menunjukan bahwa pemerintah kota dengan pemerintah pusat termasuk pemerintah provinsi sebagai wakil pemerintah pusat merupakan bagian-bagian yang terintegrasi dari satu bangunan utuh pemerintahan, ” ujar Ade melalui sambungan telepon, Rabu (24/10/2018).

Lebih lanjut Ade meminta persoalan Sekda Kota Bandung ini lebih baik dapat diselesaikan dengan duduk bersama antara Wali Kota Bandung sebagai represenntasi pemenitah kota dengan gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat.

Menurut Ade, penyamaan ruang pandang antara kedua pimpinan pemerintahan ini amat sangat penting untuk pembangunan Kota Bandung saat ini dan ke depannya.

“Saya meyakini solusi terbaik terkait penetapan Sekda Kota Bandung ini akan diperoleh, mengingat kedua pimpinan ini memiliki kebersamaan yang relatif panjang dalam visi yang sama saat bersama memimpin Kota Bandung,” ujar Ade.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung, Oded M Danial memperpanjang masa kerja Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Kota Bandung, Evi Saleha sambil menunggu keputusan Kemendagri.

“Jabatan Plh Sekda Bu Evi sudah diperpanjang kembali 15 hari ,” ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Senin (22/10/2018).

Oded mengaku sampai saat ini belum menerima surat dari Kemendagri terkait
Sekda definitif.

“Saya masih menunggu surat balasan pengajuan penggantian nama Benny Bachtiar,” ujar Oded yang mengajukan Ema Sumarna ke Kemendagri sebagai pengganti Benny Bachtiar.

Menurut Oded, surat balasan dari Kemendagri sudah turun, namun dirinya belum menerima surat tersebut karena turunnya ke gubernur Jabar.

“Saya denger sih sudah ada, tapi enggak langsung ke wali kota, tapi kepada saudara gubernur. Nah sekarang saya sedang menunggu surat dari gubernur,” ujarnya.

Oded mengaku, surat dari Mendagri sudah turun dari Sekda Provinsi Jabar, Iwa Karniwa.

“Saya ketemu pak Iwa Sekda di Gasibu saat hari santri, cuma memberi tahu surat balasan Kemendagri sudah ada, itu saja, tak bocorkan nama,” ujar Oded.

Sementara itu, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono membenarkan pihaknya telah membalas surat dari Wali Kota Bandung terkait penggantian nama Sekda Kota Bandung dari Benny Bachtiar ke Ema Sumarna.

“Sudah, suratnya sudah ke Gubernur,” ujar Soni saat dihubungi melalui ponselnya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Soal Penetapan Sekda Kota Bandung, Anggota DPRD Bandung Ini Minta Permasalahan Segera Diselesaikan, http://jabar.tribunnews.com/2018/10/24/soal-penetapan-sekda-kota-bandung-anggota-dprd-bandung-ini-minta-permasalahan-segera-diselesaikan?page=2.