Sabtu, November 17Website Resmi DPRD Kota Bandung

Arti Branding bagi Layanan Publik


AMRI RACHMAN DZULFIKRI/BANDUNG EKSPRES
MANTAP: Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung Ajie Sugiyat (bertopi) menyerahkan manual book 4 Sehat, 5 Juara kepada Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Achmad Nugraha dalam launching logo Dispora, Selasa (15/12).

Muda Juara, Generasi Hebat Mental Juara

TRANSFORMASI identitas baru menjadi semangat baru dalam membawa Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bandung, menuju kualitas pembinaan dan pelayanan prima.

Semangat kemitraan, kerja sama, profesionalitas, serta berorientasi pelayanan kepada publik melalui azas keterbukaan (akuntabel) yang jadi visi dan misi Dispora, akan makin tajam ketika dilandasi semangat membangun karakter hebat dan mental juara.

’’Dengan logo baru Dispora diharapkan bisa memperkokoh posisi kelembagaannya, terutama dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,’’ kata Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bandung Ajie Sugiat, di sela peluncuran logo baru, kemarin.

Ajie menjelaskan, mengusung jargon ’’Muda Juara, Generasi Hebat Mental Juara’’, bukan tanpa makna. Melainkan, terinspirasi dengan ungkapan para pendahulu negeri ini, yang selalu bercermin. ’’Masa depan bangsa ditentukan kaum muda,’’ tukas Ajie.

Menengok prestasi dunia olah raga di Kota Bandung. Keterampilan anak-anak muda itu, bukan hanya sebatas Persib yang juara. Tetapi, seluruh cabang olahraga yang ada di Bandung harus berprestasi.

Untuk itu, Dinas Pemuda dan Olah Raga dalam memaknai perjalanan keolahragaan sangat panjang. Hari ini Dispora memvisualisasikan dalam gerakan 4 sehat, 5 juara. Program ini akan menjawab tidak sebatas slogan. Secara nyata Dispora akan masuk di semua kehidupan olahraga agar mendapat prestasi yang terbaik. ’’Secara umum Dispora Kota Bandung, ingin memberikan prestasi olah raga terbaik untuk Indonesia. Dan khususnya untuk Kota Bandung,’’ ujar Ajie.

Muncul pertanyaan, kenapa harus ada branding? Sederhana dan tak perlu ribet jawabannya. Inilah langkah bersejarah dalam membangun Kota Bandung melalui olah raga serta dalam mengisi masa depan Indonesia.

Melihat populasi anak muda di Kota Bandung yang ada di kisaran 60 persen, tidak salah salah kita banyak berharap pada mereka. Negeri ini butuh inovasi pemuda, begitupun Kota Bandung. Kreativitas, semangat juang, inovasi para pemuda Bandung, diakui di seantero negeri ini. Maka, komitmen Dispora, tak berlebihan.

’’Merespon dinamika publik melalui program layanan berbasis teknologi informasi dalam bidang olahraga dengan melibatkan pemuda, adalah jawaban pelayanan mudah dan cepat secara digital. Dan entitas ini saat dengan dengan generasi muda, meski tak meninggalkan entitas lainnya,’’ jelas Ajie.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bandung Sony Bahktiyar menyatakan, peluncuran logo baru dan branding generasi hebat mental juara, tidak lain ingin menyampaikan visi Dispora 4 hebat, 5 juara, semakin akrab di masyarakat.

Lebih jauh, tujuan yang ingin dicapai salah satunya meraih kesuksesan di arena Pekan Olah Raga Nasional Jawa Barat ke- XIX. Maka dari itu, sahut Sony, melalui jargon Muda Juara, Generasi Hebat Mental Juara adalah target realistis yang ingin diraih Dispora Kota Bandung.

Branding ini tidak ada apa-apanya jika tidak ada layanan. Sementara, layanan seharusnya tidak ada batas dengan masyarakat . ’’Intinya, branding tidak bermakna tanpa dibarengi layanan,” imbuh Sony.

Semua layanan dan program kerja Dispora, sejak hari ini dibuat familiar. Seluruh layanan dapat diakses masyarakat dengan mudah. Fitur aplikasi melalui layanan ezzy service sudah terintergrasi dengan CCTV yang ada di di SOR dan GOR Kota Bandung. ’’Fitur ini menghimpun sejumlah layanan. Sehingga, pemanfaatan sarana dan prasarana olahraga oleh masyarakat lebih mudah dan transparan,” pungkas Sony. (edy/adv)