Asosiasi Guru dan Tenaga Honorer Mengadu ke Komisi D

aries - nunung DPRD

HumasDPRD – Pemerintah pusat sudah menyepakati nomenklatur tenaga honorer dan pegawai tidak tetap di lingkungan pemerintahan mulai dari  pusat hingga daerah akan dihapuskan. Mereka akan diganti oleh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Keputusan tersebut sejalan dengan amanat Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Adanya keputusan tersebut mendorong para guru honorer yang tergabung dalam Asosiasi Guru dan Tenaga Honorer (AGTH) Kota Bandung mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung di Jalan Sukabumi No. 30 Bandung, Selasa (4/2/2020) . Mereka mengadukan nasib terutama mengenai kesejahteraan yang hingga kini dianggap belum cukup.

Ketua Komisi D, Aries Supriatna menerima audiensi tersebut didampingi anggota Komisi D, Nunung Nurasiah. Dalam pertemuan yang digelar di Ruang Rapat Komisi D DPRD Kota Bandung tersebut, para guru dan tenaga honorer meminta agar pemerintah lebih memperhatikan nasib mereka yang hingga kini belum mendapatkan kejelasan.

“Bagaimana sikap DPRD Kota Bandung mengenai keputusan peraturan tersebut? Kalau misalkan ada perbaikan atau perubahan mohon dibantu agar kami bisa masuk untuk jalur PNS dan PPPK.” ujar Dadan Harja, Ketua AGTH Kota Bandung.

Selama ini, gaji guru honorer masih jauh dari upah minimum kota (UMK) Kota Bandung. Pemerintah Kota Bandung mendorong kesejahteraan dengan memberikan honor tambahan yang berasal dari APBD Kota Bandung.

Seperti diketahui, berdasarkan Undang Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014 dan turunannya yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018, tidak boleh lagi ada pegawai non-PNS setelah tahun 2023. Kota Bandung sendiri diberi waktu sampai tahun 2023 untuk melaksanakan itu.

Sementara itu, Ketua Komisi D, Aries Supriatna mengapresiasi apa yang disampaikan para guru honorer di Kota Bandung tersebut. “Hasil dari audiensi ini akan menjadi bahan untuk diajukan ke tingkat selanjutnya agar menjadi bahan pertimbangan,” katanya. *dprd.bandung.go.id

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print