Website Resmi DPRD Kota Bandung

Bangunan Legenda Kota Bandung

BANGUNAN awal merupakan rumah tinggal Asisten Residen Bandung Andries Dewilde yang berdiri di atas lahan yang sangat luas.


Pada tahun 1906 bangunan dijadikan kantor pengepakan kopi yang komoditinya merupakan hasil perkebunan yang berada di sekitar Bandung.

Pada tahun 1927 bangunan diruntuhkan dan diganti dengan gedung baru rancangan E.H. de Roo dengan gaya Prairie (gaya yang diperkenalkan oleh arsitek Amerika, Frank Lloyd Wright pada beberapa karyanya), untuk membangun kantor gemeente, karena Bandung sejak tahun 1906 berubah status menjadi Gemennte. Bangunan menghadap ke Atjebstraat (jl. Aceh).

Dengan berkembangya kebutuhan kota dan semakin banyaknya penduduk yang tinggal di Kota B andung, terutama dengan dipersiapkannya Bandung sebagai ibukota Hindia Belanda, kantor diperluas dengan membangun bangunan baru yang menghadap ke Pietersijthoff Park(sekarang Taman Dewi Sartika), yang dirancang oleh arsitek yang sama yaitu E.H. de Roo pada tahun 1935.

Gaya bangunan yang sangat kental dengan Art Deco, yang pada saat itu sedang populer. Jendela portable(bundar, seperti jendela kapal laut) yang terletak pada dua menara yang berada di sisi kanan dan kiri, menjadi ciri penting, disamping bentukan masa yang masif pada kanan dan kiri ruangan entranceutama. bangunan ini mendapat julukan Gedung Papak, menunjuk pada atapnya yang landai dengan penutup atap sirap.

Setelah kemerdekaan bangunan tetap difungsikan sebagai kantor pemerintah kota (Balaikota) dan tam bahan fungsi baru yaitu kantor DPRD. Adanya penam bahan fungsi itu, bangunan yang menghadap ke Jl. Aceh diubah, dijadikan dua lantai pada bagian tengahnya, yang diperuntukkan bagi kegiatan DPRD.

Di bagian selatan yang menghadap taman, dibangun bangunan baru di sisi kanan dan iri, yang diran cang oleh Ir. Slamet Wirasonjaya, MLA untuk penambahan kebutuhan Pemerintah Kota. (Rancangan bangunan ini merupakan salah satu nominator Aga Khan Award).

DPRD pada pertengahan tahun 2014 mulai berkantor di gedung baru di Jln Sukabumi 30 Bandung. Gedung ini diresmikan pada tanggal 17 Juli 2014 sekaligus sebagai tempat pelantikan anggota DPRD periode 2014-2019