Ketua DPRD menerima audiensi warga Babakan Kejaksaan Kec Regol

PDFCetakSurel

DPRD KOTA BANDUNG- Permasalahan kepemilikan tanah di Kota Bandung masih terus terjadi, seperti dialami oleh sekitar 37 kepala keluarga di babakan Kejaksaan, Kecamatan Regol Kelurahan ciseureuh RW.04  yang mengadukan nasibnya pada hari senin, 19 september 2016 kepada Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Haru Suandharu  terkait sengketa lahan yang mereka alami.


Dihadiri oleh sekitar 50 orang warga, Yana selaku perwakilan warga mengungkapkan bahwa sengketa lahan seluas 4200 m2 yang dihuni sekitar 37 kepala keluarga di wilayah Kecamatan Regol, Kelurahan Ciseureuh Rw.04, telah berlangsung lama namun tidak kunjung usai. Hal tersebut berawal dari gugatan seseorang  bernama Djadja yang merasa masih memiliki tanah tersebut padahal pada kenyataannya Djadja telah menjual tanah tersebut kepada R. Suhandi pada tahun 1966, sementara menurut penulusuran di BPN yang dilakukan oleh lurah setempat, menyatakan bahwa persil dari tanah tersebut adalah milik R. Suhandi, tetapi bukti kepemilikannya tidak disertifikatkan karena R. Suhandi hanya mewakili pembelian atas nama para anggota yayasan Yasmi. Pada tahun 2007, pihak Djadja melakukan gugatan atas hak tanah tersebut, namun pada tahun 2008 mencabut gugatannya itu. Tetapi pada tahun 2014 secara tiba-tiba muncul undangan dari Kelurahan dan Kecamatan yang dimana pengacara Djadja membawa petikan dari makhamah agung yang menyatakan bahwa gugatan dimenangkan oleh pihak Djadja dan akan dilakukan eksekusi pada tanggal 13 oktober 2016, sementara pihak warga tidak merasa mengalami gugatan setelah pada tahun 2008 gugatan pihak Djadja telah secara resmi dicabut. Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Haru Suandharu memberikan masukan agar warga membuat gugatan agar eksekusi lahan pada tanggal 13 oktober 2016 dan juga menempuh jalur hukum melalui LBH serta akan mefasilitasi pertemuan warga dengan BPN untuk mengungkap kebenaran kepemilikan atas hak tanah yang disengketa kan tersebut.

Permasalahan kepemilikan tanah di Kota Bandung masih terus terjadi, seperti dialami oleh sekitar 37 kepala keluarga di babakan Kejaksaan, Kecamatan Regol Kelurahan ciseureuh RW.04  yang mengadukan nasibnya pada hari senin, 19 september 2016 kepada Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Haru Suandharu  terkait sengketa lahan yang mereka alami.Permasalahan kepemilikan tanah di Kota Bandung masih terus terjadi, seperti dialami oleh sekitar 37 kepala keluarga di babakan Kejaksaan, Kecamatan Regol Kelurahan ciseureuh RW.04  yang mengadukan nasibnya pada hari senin, 19 september 2016 kepada Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Haru Suandharu  terkait sengketa lahan yang mereka alami.

Older news items:

Pimpinan DPRD Kota Bandung

Peraturan & Perundangan

Web Link