Website Resmi DPRD Kota Bandung

Buku Cinderamata DPRD Kota Bandung

Sebuah pertanyaan yang selalu mengganggu saat seseorang bepergian ke kota atau daerah lain. Oleh-oleh apakah yang bisa bertahan lama dan memiliki banyak makna?

Yang pasti, jawabannya bukanlah oleh-oleh berupa kuliner, busana, ataupun cendera mata khas lainnya yang pasti lekang dimakan waktu.

Setelah cukup lama memikirkannya dan mempertimbangkannya, kami memutuskan untuk membuat cendera mata berupa buku tentang Kota Bandung yang berisikan ikon-ikon kota. Mengapa harus buku? Pertama, tentu saja, buku memiliki umur yang lebih panjang dan dapat dijadikan koleksi di perpustakaan.

 

Kedua, buku dapat menjadi dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan. Ketiga, buku bisa menambah wawasan dan pedoman. Keempat, buku juga dapat menjadi pengingat saat kenangan mulai terhapus dari ingatan para pengunjung Kota Bandung.

Pertanyaan yang muncul kemudian, buku seperti apakah yang dapat menjawab kebutuhan itu? Buku itu tidak boleh sekadar informatif karena semua buku pasti bersifat informatif. Buku juga tidak boleh sekadar menarik, apalagi hanya menarik dari sisi penampilan.

Buku ini juga harus membuka wawasan dan menginspirasi para pembaca. Buku ini harus mampu menjadi penanda yang mengingatkan pembaca yang pernah mengunjungi Kota Bandung. Tentu, tidak mudah menyusun sebuah buku seperti yang dimaksud. Namun, kami harus berusaha menyusunnya.

Alhamdulillah, segala puji memang hanya milik Allah swt., keinginan untuk menyusun sebuah buku tentang Kota Bandung ini pun terwujud. Semoga, buku ini bisa mewakili keinginan kami untuk memberikan sebuah ”tanda mata” kepada orang-orang yang pernah mengunjungi Kota Bandung. Semoga buku ini mampu menjadi “tanda” dan “mata” para pembacanya.