DPRD Usulkan Anggaran Perjalanan Dinas ke LN Digeser untuk Tangani Covid-19

geser anggaran

HumasDPRD– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung mendorong dilakukan penggeseran anggaran terkait perjalanan dinas ke luar negeri, baik di eksekutif maupun legislatif. Anggaran tersebut kemudian dialokasikan untuk membantu penanganan wabah Covid-19.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Bandung, Riantono mengatakan bahwa untuk membantu penanggulangan Covid-19, dapat dialokasikan dari anggaran perjalanan dinas ke luar negeri.

“Lebih baik dialokasikan untuk penanganan wabah Covid-19, untuk perjalanan dinas ke luar negeri, karena saat ini mereka pun (negara luar) tidak menerima dari pendatang luar (lockdown),” ungkapnya pada Rapat Banggar terkait Pembahasan Rancangan Perubahan KUA & PPAS tahun 2020 di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Kamis (2/4/2020).

Sementara itu, anggota Banggar DPRD Kota Bandung lainnya, Aries Supriyatna menuturkan bahwa dampak sosial akan kejadian Covid-19 yang menjadi bagian dari perencanaan Pemkot Bandung, juga harus dengan data yang terbaru dan transparan.

“Sehingga yang mendapatkan bantuan, adalah masyarakat yang benar-benar terdampak. Juga harus transparan,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyoroti antisipasi Pemkot Bandung dalam pencegahan wabah virus corona tersebut, terutama akan kedatangan warga yang berasal dari luar Kota Bandung. Karena dikhawatirkan membawa virus Covid-19 tersebut.

“Sebenarnya yang paling fundamental adalah kedatangan orang -orang dari luar, yang kemungkinan membawa virus tersebut. Ini yang perlu diperhatikan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menerangkan bahwa Pemkot Bandung menganggarkan Rp 75 miliar dalam penanganan wabah Covid-19.

“Dalam hal ini, sekitar Rp 7 miliar sudah dieksekusi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dalam penanganan Covid-19 hingga saat ini,” tambahnya.*dprd.bandung.go.id

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print