Folmer Silalahi, Ingatkan Kawasan Cagar Budaya Jangan Dikorbankan Proyek Tol Pasirkoja-Suci

Sumber Foto dari www.gesuri.id

Bandung – Tol North South Link (NS-Link) atau tol dalam kota Pasirkoja-Suci (Masjid Pusdai), Kota Bandung, yang akan dibangun oleh Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) melewati Jalan Supratman. Pemerintah meminta agar tol yang melintas di jalan tersebut dibuat underpass karena melewati Kawasan Cagar Budaya (KCB).
Anggota DPRD Kota Bandung Folmer Silalahi memperingatkan hal tersebut. Dia tak ingin KCB dikorbankan oleh proyek tol dalam kota. Menurutnya, untuk membangun di KCB banyak aturannya dan sangat ketat. Seperti halnya wacana pembangunan LRT Metro Kapsul yang hingga kini tidak terlaksana karena jalur dibuat melintasi KCB.

“Makanya jalur Metro Kapsul sampai sekarang tidak bisa direalisasikan karena melewati alun-alun yang merupakan KCB. Tidak bisa sama dengan wilayah lain yang di luar kawasan (KCB),” kata Folmer kepada detikcom via telepon, Jumat (4/1/2019).Hal itu, kata Folmer, sangat disayangkan. Sebab mewacanakan sesuatu yang baik tapi tidak melihat aspek lain dan malah berujung pada keraguan.

Ditanya soal apakah KCB bisa dilewati oleh elevated seperti rencana NS-Link, Folmer mengaku tidak mengetahuinya secara pasti. Hanya saja ada Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Bandung yang lebih paham.

“Tapi pada intinya, namanya KCB itu enggak boleh ada infrastruktur lain yang akan mengganggu langgam arsitektur bangunan yang sudah terbangun sejak lama,” ujarnya.Ia mencontohkan untuk kasus Metro Kapsul, ada jalur yang melintas melewati depan Alun-alun dan Pendopo Kota Bandung. “Kan berarti sangat mengganggu konsep tata ruang, tata budaya, di mana Pendopo itu akses langsung ke Tangkuban Parahu. Tiba-tiba dibelah ada jalur LRT yang melayang. Itu kan konsep filosofis dari kawasan alun-alun jadi terganggu. Contohnya seperti itu, belum lagi yang lain-lain,” tuturnya.

Folmer mengatakan masih ada cara lain untuk membangun infrastruktur atau transportas publik di Kota Bandung sehingga tidak terpaku pada satu moda. “Ada moda-moda lain yang sebenarnya bisa dilakukan dan biayanya tidak terlalu besar dan bisa masif juga. Salah satunya penataan transportasi publik,” ujar politis PDIP itu.

Sekadar diketahui, CMLJ akan membuat tol elevated atau melayang di jalan Pasirkoja-Suci sepanjang kurang lebih 14,3 KM. Namun Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta khusus Jalan Supratman dibuat underpass karena melewati KCB.

 

berita ini sudah dimuat di https://news.detik.com

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print