Website Resmi DPRD Kota Bandung Website Resmi DPRD Kota Bandung http://dprd.bandung.go.id/component/content/frontpage.html Tue, 24 Oct 2017 00:05:38 +0000 Joomla! 1.5 - Open Source Content Management id-id Visi dan Misi http://dprd.bandung.go.id/sekretariat-dewan/visi-misi/387-visi-dan-misi.html http://dprd.bandung.go.id/sekretariat-dewan/visi-misi/387-visi-dan-misi.html Visi & Misi Sekretariat DPRD Kota Bandung tahun 2013-2018

Visi Sekretariat DPRD Kota Bandung adalah :

"Terwujudnya Pelayanan Prima Pelaksannaan Tugas Dan Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bandung Menuju Kota Unggul, Nyaman Dan Sejahtera"

Misi Sekretariat DPRD Kota Bandung Adalah :

"Meningkatkan Kualitas Dan Efektifitas Fasilitasi Tugas Dan Fungsi DPRD Kota Bandung"

TUJUAN, SASARAN DAN INDIKATOR KINERJA SASARAN

]]>
sekretariat@dprd.bandung.go.id (Administrator) frontpage Tue, 24 Sep 2013 09:54:18 +0000
Bangunan Legenda Kota Bandung http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/532-bangunan-legenda-kota-bandung.html http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/532-bangunan-legenda-kota-bandung.html BANGUNAN awal merupakan rumah tinggal Asisten Residen Bandung Andries Dewilde yang berdiri di atas lahan yang sangat luas.


Pada tahun 1906 bangunan dijadikan kantor pengepakan kopi yang komoditinya merupakan hasil perkebunan yang berada di sekitar Bandung.

Pada tahun 1927 bangunan diruntuhkan dan diganti dengan gedung baru rancangan E.H. de Roo dengan gaya Prairie (gaya yang diperkenalkan oleh arsitek Amerika, Frank Lloyd Wright pada beberapa karyanya), untuk membangun kantor gemeente, karena Bandung sejak tahun 1906 berubah status menjadi Gemennte. Bangunan menghadap ke Atjebstraat (jl. Aceh).


Dengan berkembangya kebutuhan kota dan semakin banyaknya penduduk yang tinggal di Kota B andung, terutama dengan dipersiapkannya Bandung sebagai ibukota Hindia Belanda, kantor diperluas dengan membangun bangunan baru yang menghadap ke Pietersijthoff Park(sekarang Taman Dewi Sartika), yang dirancang oleh arsitek yang sama yaitu E.H. de Roo pada tahun 1935.

Gaya bangunan yang sangat kental dengan Art Deco, yang pada saat itu sedang populer. Jendela portable(bundar, seperti jendela kapal laut) yang terletak pada dua menara yang berada di sisi kanan dan kiri, menjadi ciri penting, disamping bentukan masa yang masif pada kanan dan kiri ruangan entranceutama. bangunan ini mendapat julukan Gedung Papak, menunjuk pada atapnya yang landai dengan penutup atap sirap.

Setelah kemerdekaan bangunan tetap difungsikan sebagai kantor pemerintah kota (Balaikota) dan tam bahan fungsi baru yaitu kantor DPRD. Adanya penam bahan fungsi itu, bangunan yang menghadap ke Jl. Aceh diubah, dijadikan dua lantai pada bagian tengahnya, yang diperuntukkan bagi kegiatan DPRD.

Di bagian selatan yang menghadap taman, dibangun bangunan baru di sisi kanan dan iri, yang diran cang oleh Ir. Slamet Wirasonjaya, MLA untuk penambahan kebutuhan Pemerintah Kota. (Rancangan bangunan ini merupakan salah satu nominator Aga Khan Award).

DPRD pada pertengahan tahun 2014 mulai berkantor di gedung baru di Jln Sukabumi 30 Bandung. Gedung ini diresmikan pada tanggal 17 Juli 2014 sekaligus sebagai tempat pelantikan anggota DPRD periode 2014-2019

]]>
sekretariat@dprd.bandung.go.id (Administrator) frontpage Sat, 17 Jan 2015 03:45:35 +0000
Buku Cinderamata DPRD Kota Bandung http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/530-buku-cinderamata-dprd-kota-bandung.html http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/530-buku-cinderamata-dprd-kota-bandung.html Sebuah pertanyaan yang selalu mengganggu saat seseorang bepergian ke kota atau daerah lain. Oleh-oleh apakah yang bisa bertahan lama dan memiliki banyak makna?

]]>
sekretariat@dprd.bandung.go.id (Administrator) frontpage Sat, 17 Jan 2015 03:23:18 +0000
Cenderamata dari Bandung http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/528-cenderamata-dari-bandung.html http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/528-cenderamata-dari-bandung.html Assalamualaikum Wr.Wb.

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunianya kepada kita. Sholawat beserta salam semoga tercurah kepada nabi
kita Muhammad SAW.


Kami mengucapkan Syukur Alhamdulillah dengan terbitnya buku “Cenderamata dari Bandung”.

Cenderamata yang berupa buku ini bertujuan selain sebagai kenang-kenangan juga untuk memperkenalkan kota Bandung yang dahulu
pernah diibaratkan sebagai Paris Van Java.

Buku ini berisikan tentang berbagai objek menarik cirikhas kota Bandung, diantaranya bangunan-bangunan bersejarah, objek wisata
kuliner, aktifitas-aktifitas warga, tempat-tempat hiburan warga dan lain sebagainya. Selain itu, buku ini juga diharapkan dapat menjadi salah
satu media informasi dalam menjalin kerjasama antar kota baik didalam negeri maupun diluar negeri ataupun antar Lembaga Pemerintah dan DPRD kota/kabupaten di Indonesia.

Kami menyadari bahwa buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak sebagai masukan kepada kami dan akan kami perbarui seiring dengan perkembangan/perubahan kemajuan pembangunan di
kota Bandung.

Kami beserta jajaran DPRD kota Bandung mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terbitnya buku ini.

Akhir kata, besar harapan kami semoga buku “Cendera mata dari Bandung” ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH BANDUNG KETUA
Drs. H. ISA SUBAGDJA

]]>
sekretariat@dprd.bandung.go.id (Administrator) frontpage Sat, 17 Jan 2015 03:04:51 +0000
KADEUDEUH WARGA BANDUNG UNTUK PERSIB http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/524-kadeudeuh-warga-bandung-untuk-persib.html http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/524-kadeudeuh-warga-bandung-untuk-persib.html Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menyerahkan uang kadeudeuh sumbangan dari warga Bandung kepada tim Persib Bandung.


Kadeudeuh tersebut diterima oleh manajer Persib Bandung H. Umuh Muhtar di Pendopo Kota Bandung, jalan Dalem Kaum no. 56, Selasa (3/12) malam, pada acara silaturahmi wali kota bersama tim Persib. Turut mendampingi pelatih persib Jajang Nurjaman, dan disaksikan beberapa pemain dan official tim persib Bandung.

Jumlah kadeudeuh yang terkumpul dari warga yang mencintai Persib Bandung genap mencapai 1 Milyar. “Banyak warga yang mencintai persib dan ingin ikut memberikan kadeudeuhnya, ada yang 5 juta, 10 juta, pokonya bervariasi sehingga akhirnya terkumpul mencapai angka 1 milyar,” ujar Ridwan Kamil seusai acara tersebut.

Dengan Persib Bandung menjuarai Indonesia Super League (ISL) 2014, menurut Ridwan Kamil, telah mengubah psikologis warga Bandung khususnya dan warga Jawa Barat umumnya, sehingga membuat rasa gembira yang terpancar dari wajah warga dan mempunyai rasa kebanggaan, memiliki tim Persib Bandung.

“Rasa bangga, gembira dan cinta serta terima kasih kepada persib ini, akhirnya banyak warga yang ikut memberikan sumbangannya untuk persib Bandung, sehingga terkumpulah uang tersebut,” ujarnya.

Wali Kota juga menyampaikan silahkan uang tersebut dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh tim Persib Bandung. “Silahkan uang tersebut dipergunakan sebaik-baiknya, nanti uangnya dititip di pa haji,” jelasnya.

Sementara itu manajer Persib, mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kadeudeuh yang diterimanya tersebut. “Saya mewakili pemain, oficial dan tim mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kadeudeuh ini, mudah-mudahan dapat dipergunakan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Umuh, mengaku kadeudeuh tersebut dapat digunakan sebagai bekal tim yang akan melaksanakan ibadah umroh, dan sebagin disimpan untuk nantinya dimanfaatkan untuk keperluan yang lainnya.

Umuh juga dalam kesempatan tersebut meminta ijin kepada wali Kota Bandung agar mengijinkan Persib Bandung untuk dapat menggunakan stadion Bandung Lautan Api, dalam perhelatan piala Champion Asia.

“Stadion yang layak untuk Champion Asia, banyaknya tersebar di luar Bandung, yang paling dekat Gelora Bung Karno tetapi sepertinya kita tidak memungkinkan main disana, untuk itu saya minta ijin kepada pa wali agar mengijinkan menggunakan stadion Bandung Lautan Api, karena stadion ini sudah memenuhi standar internasional dan fasilitasnya bagus,” ujarnya.

Atas permintaan umuh tersebut, wali kota secara prinsip mengijinkan penggunaan stadion Bandung Lautan Api tersebut, hanya masalah manajemen penonton yang perlu diperhatikan. “Secara umum stadion siap diperguankan begitu juga dengan lapangannya siap dipergunakan untuk perhelatan piala champion, hanya tinggal masalah manajemen penontonya saja yang harus diperhatikan,” pungkas Ridwan kamil.

]]>
sekretariat@dprd.bandung.go.id (Administrator) frontpage Wed, 07 Jan 2015 10:29:25 +0000
Penghargaan Parahita Eka Praya (APE) 2014 http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/522-penghargaan-parahita-eka-praya-ape-2014.html http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/522-penghargaan-parahita-eka-praya-ape-2014.html Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2014


Kategori Madya Pratama sebagai kota yang memiliki komitmen dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Penghargaan diterima oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Ny. Yohana Yembise, pada acara Peringatan hari ibu ke-86 di gedung badan kependudukan dan keluarga berencana nasional, Jakarta, Kamis  (18/12).

Setelah menerima penghargaan, wakil wali kota mengucapkan syukur alhamdulillah atas diraihnya penghargaan tersebut.

"Syukur alhamdulillah kita mendapatkan penghargaan anugerah parahita ekapraya ini," ujarnya.

Penghargaan ini, menurutnya merupakan apresiasi pemerintah pusat terhadap apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung, bukan hanya terhadap permasalahan gender, tetapi juga pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Mudah-mudahan dengan penghargaan tersebut permasalahan gender dapat dikurangi dan meningkatkan pemeberdayaan perempuan dan perlindungan terhadap anak.

"Dalam menyambut hari ibu ini juga, saya mengucapkan selamat hari ibu yang ke 86," ujarnya.

Tidak lupa, wakil wali kota juga mengingatkan agar para ibu dapat membina keluarganya sehingga menjadi keluarga yang sakinah mawadah dan warohamah.

"Dengan keluarga yang sakinah mawadah warohmah, dapat menghadirkan bandung juara," pungkasnya.

 

]]>
sekretariat@dprd.bandung.go.id (Administrator) frontpage Wed, 07 Jan 2015 10:24:43 +0000
Kota Bandung Meraih Penghargaan KPK http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/520-kota-bandung-meraih-penghargaan-kpk.html http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/520-kota-bandung-meraih-penghargaan-kpk.html Kota Bandung meraih dua penghargaan sekaligus dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Pertama sebagai Pemerintah Daerah dgn jumlah laporan gratifikasi terbanyak dan 100 persen tepat waktu 2014 sedangkan yang kedua adalah Pemerintah Daerah dengan unit pengendalian gratifikasi (UPG) terbaik 2014.

Penghargaan diterima oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil yang diserahkan oleh pimpinan KPK Adnan Pandu, pada acara forum komunikasi unit pengendalian gratifikasi, yang merupakan rangkaian hari anti korupsi sedunia 2014 di kampus UGM Yogyakarta, Selasa (9/12).

Dalam testimoninya setelah menerima penghargaan Ridwan Kamil, mengatakan bahwa dirinya mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut. Dirinya tidak menyangka akan menerima dua penghargaan sekaligus.

"Saya tidak menyangka dapat dua penghargaan ini, karena awalnya hanya diberitahu menerima satu penghargaan saja," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya dalam pengendalian gratifikasi dirinya memberikan contoh dengan menempelkan kertas menolak gratifikasi di rumahnya. "Dulu kami terpuruk, tapi tingkat kepercayaan pada pemkot diatas 90 persen karena open goverment dan anti korupsi dan diharapkan ini jadi budaya baru," ujar walikota.

Setelah pemberian pengahrgaan Wali Kota juga menjelaskan setelah satu tahun melakukan komitmen dengan KPK untuk sistem anti gratifikasi, banyak progres. "Setelah satu tahun komitmen alhamdulillah progresnya luar biasa," ujarnya.

Pemkot Bandung juga menurut walikota mempunyai perwal 15/2015 tentang konsep gratifikasi. "Dengan perwal ini seluruh pns berbuah kepatuhan yang tinggi," jelasnya.

Dengan apa yang telah kita lakukan itu, menurut wali kota mendapat apresiasi. "Apa yg kita lakukan dapat apresiasi dari kpk, yang berbuah penghargaan tersebut," ujarnya.

Untuk Unit Pengaduan Gratifikasi (UPG) menurut wali kota, ketuanya adalah inspektorat. Jadi apabila ada yang melaporkan masalah gratifikasi maka laporkan ke inspektorat nanti dilaporkan ke KPK, apakah termasuk gratifikasi atau tidak," jelasnya.

Jumlah laporan yang masuk ke inspektorat mengenai laporan gratifikasi, menurut walikota jumlahnya puluhan dan terkait masalah pelelangan dan perijinan. "Jumlahnya puluhan dan terkait masalah pelelangan dan perijinan," pungkasnya.

 

]]>
sekretariat@dprd.bandung.go.id (Administrator) frontpage Wed, 07 Jan 2015 10:17:43 +0000
Isa Subagdja terpilih sebagai Ketua DPRD Kota Bandung periode 2014-2019 http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/518-isa-subagja-terpilih-sebagai-ketua-dprd-kota-bandung-periode-2014-2019.html http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/518-isa-subagja-terpilih-sebagai-ketua-dprd-kota-bandung-periode-2014-2019.html Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bandung menggelar rapat paripurna istimewa pembentukan struktur kepemimpinan Dewan hari ini. Isa Subagja dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan terpilih sebagai Ketua DPRD periode 2014-2019.


Isa didampingi oleh tiga wakil yang berasal dari koalisi Prabowo Subianto, yaitu Haru Suwandharu dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Deni Wahyudin dari Fraksi Gerakan Indonesia Raya, dan Edwin Senjaya dari Fraksi Golkar.


"Tidak ada pilihan lain, kita harus bersatu. 50 anggota DPR akan berupaya merealisasikan janji yang disampaikan saat pemilu," kata Isa seusai pengangkatan pimpinan DPRD Kota Bandung di gedung Dewan, Jalan Sukabumi, Jumat, 10 Oktober 2014.

Isa menyatakan akan berupaya maksimal memberikan yang terbaik untuk masyarakat tanpa mendahulukan kepentingan kelompok. Hal itu juga berlaku untuk anggota DPRD lainnya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDIP itu meyakini bahwa para anggota DPRD yang baru dilantik ini akan solid mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Bandung tanpa mendahulukan kepentingan partainya. Isa optimistis kisruh DPR RI tidak akan merembet ke daerah.

"Kita harus mementingkan kepentingan yang lebih besar, jangan sampai lupa tugas kita sebagai anggota DPRD adalah untuk rakyat. Semua akan berjalan baik sepanjang kita solid dalam melaksanakan tugas," ujarnya.

Menurut dia, kondusivitas politik di DPRD Kota Bandung akan terjadi dengan baik apabila setiap anggota DPRD saling berkomunikasi secara intens. Sebab, semua yang dilakukan didasari untuk kepentingan masyarakat. "Pokoknya tidak parsial-parsial, semua untuk kepentingan bersama," kata Isa.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil juga meyakini hal tersebut. Emil, sapaan akrab Ridwan, meyakini bahwa Ketua DPRD yang berasal dari koalisi Jokowi itu bisa menjalin komunikasi yang baik dengan kubu koalisi Prabowo di DPRD Kota Bandung.

"Pak Isa sudah berpengalaman, pasti bisa merajut komunikasi dengan anggota DPRD yang lain (koalisi Prabowo)," ujarnya.

Emil mengklaim bahwa kondisi politik di Bandung tetap kondusif meskipun muncul ketegangan antara kubu Prabowo dan Jokowi di DPR. Menurut dia, politik di pusat tidak selalu tercermin politik di tingkat daerah. "Bandung mah kerja aja. Enggak usah terpengaruh."

]]>
sekretariat@dprd.bandung.go.id (Administrator) frontpage Thu, 30 Oct 2014 06:38:27 +0000
Paguyuban Pekerja Malam Demo, ini kata Ridwan Kamil http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/516-paguyuban-pekerja-malam-demo-ini-kata-ridwan-kamil.html http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/516-paguyuban-pekerja-malam-demo-ini-kata-ridwan-kamil.html Bandung [SuaraJabar.Com] –  Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (RK) tak mau berkomentar banyak terkait demonstrasi para pekerja tempat hiburan malam, hari ini.


Seperti diketahui, para pekerja tempat hiburan malam yang tergabung dalam Paguyubaan Pekerja Malam (PPM) Kota Bandung berdemonstrasi di Gedung DPRD Kota Bandung. Mereka menuntut penegakan peraturan daerah tentang jam operasional tempat hiburan malam.

“Jawabannya sudah jelas. Pemkot tetap dengan perda,” kata RK saat ditemui di Gedung DPRD Kota Bandung, Senin (27/10/2014).

Menurutnya, pihak kepolisian mengimbau agar pengusaha bisa tutup pukul 00.00 WIB lantaran urusan keamanan. “Harusnya curhat ke polisi. Tapi kita akan bantu menyampaikannya juga,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Edwin Sanjaya mengatakan, pihaknya akan segera melakukan rapat untuk membahas hal tersebut dengan menghadirkan wali kota Bandung, kapolrestabes Bandung, pengusaha tempat hiburan malam, dan perwakilan pekerja.

“Ini kan sifatnya imbauan, tapi mengapa bisa mengalahkan perda. Kalau supermasi hukum, ini keliru. Makanya kita harus duduk bersama membahas sejauh mana kamtibmas di Bandung sampai ada instruksi seperti itu,” jelas Edwin.

Edwin menegaskan, dalam waktu dekat harus ada kepastian agar permasalahan ini tidak berlarut-larut. Sejauh ini, kata Edwin, sudah banyak ?lokasi hiburan malam yang tutup. “Ada juga penyusutan karyawan dan pengurangan gaji. Ini memprihatinkaan,” kata politisi Partai Golkar itu.

]]>
sekretariat@dprd.bandung.go.id (Administrator) frontpage Mon, 27 Oct 2014 08:50:26 +0000
Selamat Ulang Tahun Kota Bandung Yang Ke-204 http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/512-selamat-ulang-tahun-kota-bandung-yang-ke-204.html http://dprd.bandung.go.id/component/content/article/38-slide/512-selamat-ulang-tahun-kota-bandung-yang-ke-204.html Bandung - Besok, Kamis (25/9/2014) Kota Bandung akan berulang tahun ke-204. Sejumlah acara sudah disiapkan untuk memeriahkan acara ulang tahun. Apa saja?


"Besok agendanya rapat paripurna, pakai baju khas sunda. Acara lainnya dipusatkan hari Sabtu, misalnya Car Free Night dengan tema Dago Friendly Night. Ada musik-musiknya, istighosah di Gasibu dan pesta kembang api di Monju," ujar Emil sapaan akrab Ridwan di Ruang Serba Guna Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (24/9/2014).

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Herlan JS menyatakan, pesta rakyat HUT Bandung digelar di Jalan Ir H Juanda (Dago), mulai dari Jalan Hasanudin hingga Dago Cikapayang. Acara digelar pada Sabtu (27/9/2014) mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

"Pesta rakyat ini akan menampilkan flogos atau busa terbang. Busa dengan berbagai huruf  dan logo Bandung akan beterbangan selama tiga jam. Ini dananya dari sponsor," kata Herlan.

Herlan menjelaskan, busa terbang tersebut berada di langit Bandung setinggi 1 kilometer, selama 5 menit. Anggaran untuk flogos tersebut yakni Rp 25 juta. "Biayanya dari komunitas-komunitas yang cinta Bandung," ujarnya. Sejumlah artis juga akan meramaikan acara HUT Bandung ke-204 ini, yakni Gigi, Kahitna, Tulus, dan Mocca.

"Kita juga ada creative award yang akan diberikan kepada dua orang dan dua organisasi kreatif. Penghargaan ini program kita Anggarannya Rp 200 juta dari APBD," ujarnya. Selain itu akan ada pesta kembang api yang dilakukan di Monumen Perjuangan Rakyat Jabar. Anggaran untuk kembang api tersebut mencapai Rp 1,2 miliar dari donatur.

"Acara akan digelar sekitar pukul 22.00 WIB. Durasinya sekitar 20 menit. Pokoknya kembang api yang dinyalakan akan lebih spketakuler dan lebih bagus dari Hari Jadi Pemprov Jawa Barat," kata Herlan.

[Sumber: detik.com]

]]>
sekretariat@dprd.bandung.go.id (Administrator) frontpage Thu, 25 Sep 2014 03:21:54 +0000