Website Resmi DPRD Kota Bandung

KADEUDEUH WARGA BANDUNG UNTUK PERSIB

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menyerahkan uang kadeudeuh sumbangan dari warga Bandung kepada tim Persib Bandung.


Kadeudeuh tersebut diterima oleh manajer Persib Bandung H. Umuh Muhtar di Pendopo Kota Bandung, jalan Dalem Kaum no. 56, Selasa (3/12) malam, pada acara silaturahmi wali kota bersama tim Persib. Turut mendampingi pelatih persib Jajang Nurjaman, dan disaksikan beberapa pemain dan official tim persib Bandung.

Jumlah kadeudeuh yang terkumpul dari warga yang mencintai Persib Bandung genap mencapai 1 Milyar. “Banyak warga yang mencintai persib dan ingin ikut memberikan kadeudeuhnya, ada yang 5 juta, 10 juta, pokonya bervariasi sehingga akhirnya terkumpul mencapai angka 1 milyar,” ujar Ridwan Kamil seusai acara tersebut.

Dengan Persib Bandung menjuarai Indonesia Super League (ISL) 2014, menurut Ridwan Kamil, telah mengubah psikologis warga Bandung khususnya dan warga Jawa Barat umumnya, sehingga membuat rasa gembira yang terpancar dari wajah warga dan mempunyai rasa kebanggaan, memiliki tim Persib Bandung.

“Rasa bangga, gembira dan cinta serta terima kasih kepada persib ini, akhirnya banyak warga yang ikut memberikan sumbangannya untuk persib Bandung, sehingga terkumpulah uang tersebut,” ujarnya.

Wali Kota juga menyampaikan silahkan uang tersebut dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh tim Persib Bandung. “Silahkan uang tersebut dipergunakan sebaik-baiknya, nanti uangnya dititip di pa haji,” jelasnya.

Sementara itu manajer Persib, mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kadeudeuh yang diterimanya tersebut. “Saya mewakili pemain, oficial dan tim mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kadeudeuh ini, mudah-mudahan dapat dipergunakan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Umuh, mengaku kadeudeuh tersebut dapat digunakan sebagai bekal tim yang akan melaksanakan ibadah umroh, dan sebagin disimpan untuk nantinya dimanfaatkan untuk keperluan yang lainnya.

Umuh juga dalam kesempatan tersebut meminta ijin kepada wali Kota Bandung agar mengijinkan Persib Bandung untuk dapat menggunakan stadion Bandung Lautan Api, dalam perhelatan piala Champion Asia.

“Stadion yang layak untuk Champion Asia, banyaknya tersebar di luar Bandung, yang paling dekat Gelora Bung Karno tetapi sepertinya kita tidak memungkinkan main disana, untuk itu saya minta ijin kepada pa wali agar mengijinkan menggunakan stadion Bandung Lautan Api, karena stadion ini sudah memenuhi standar internasional dan fasilitasnya bagus,” ujarnya.

Atas permintaan umuh tersebut, wali kota secara prinsip mengijinkan penggunaan stadion Bandung Lautan Api tersebut, hanya masalah manajemen penonton yang perlu diperhatikan. “Secara umum stadion siap diperguankan begitu juga dengan lapangannya siap dipergunakan untuk perhelatan piala champion, hanya tinggal masalah manajemen penontonya saja yang harus diperhatikan,” pungkas Ridwan kamil.