Sabtu, November 17Website Resmi DPRD Kota Bandung

Pelopori Pilwalkot Bandung 2018

Erwan Setiawan, SE
Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bandung

Demokrat Siap Calonkan Erwan dan Entang

bandungekspres.co.id– Partai Demokrat menyatakan kesiapannya bersaing dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Kota Bandung 2018 mendatang. Hal itu dibarengi sikap dengan mengusung Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bandung Erwan Setiawan dan Wakil Sekretaris DPC Entang Suryaman. ”Ini keinginan yang sudah didukung kader,” tegas kader Partai Demokrat Kota Bandung Aan Andi Purnama kemarin (9/2).

Entang Suryaman, SH
Wakil Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Bandung

Andi menjelaskan, sebagai pribadi dan kader, dirinya siap mendukung kader terbaik. ”Saat ini dua kader partai itu yang layak dan mumpuni maju dalam Pilwalkot Kota Bandung,” kata Andi.

Di Gedung DPRD Kota Bandung, Entang Suryaman yang kini menjabat Ketua Komisi C membenarkan, ada dukungan untuk maju di Pilwalkot Kota Bandung mendatang. ”Saya bersama Pak Erwan, memang sudah mempersiapkan diri. Namun secara prosedur, kami tetap akan mengikuti mekanisme partai,” tukas Entang.

”Berandai-andai, bila pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018, tak mengalami perubahan. Masa sih kita cicing cicing wae (diam-diam saja). Tunjukan bahwa pendidikan politik itu berjalan. Partailah tempat menggodok calon pemimpin,” sambung Entang.

Berdasarkan informasi dari kalangan KPU, pelaksanaan Pilwalkot Kota Bandung akan dilaksankan pada Juni 2018. Namun tanggalnya masih belum ditentukan KPU RI. Sedangkan tahapan Pilwalkot akan mulai dilaksakan Agustus 2017.

Menanggapi sosok Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang kian santer akan kembali maju mencalonka, namun Entang tetap merasa optimistis akan mendapat dukungan dari banyak pihak.

Menurut dia, dukungan kepada dirinya dan Erwan mulai mengalirnya. Ini tak lepas dari adanya isu, Emil akan maju di Pilgub DKI atau Jawa Barat.

Situasi politik itu, sebut Entang, kemungkinan besar Emil tidak akan diusung kembali untuk maju dalam Pilwalkot Bandung 2018.

Pernyataan Entang ini, memicu reaksi beragam dari berbagai pihak, khususnya para politisi di Bandung. Bahkan sejumlah parpol siap mengusung kader terbaiknya.

Jika Emil tidak maju kembali, menurut Kader Partai Hanura Agus Cahyana, secara pribadi akan mendukung sesama anggota dewan yang ingin maju di Pilwalkot Kota Bandung.

Alasannya, kenapa tidak lagi melirik Emil yang sudah terbukti berprestasi mengubah Kota Bandung baik di kancah regional maupun nasional? Sebab, kata dia, sebagai petugas partai di legislatif, dalam keseharian melihat kepemimpinan Entang dianggap mampu.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Bandung Arif Hamid Rahman menilai, Emil masih sangat layak maju kembali dalam perebutan kursi Wali Kota Bandung tahun 2018. ”Gerindra welcome saja,” katanya. Menurut dia, Emil merupakan pemimpin yang gigih dan tegas. Selain itu, Emil juga dikenal sebagai pribadi yang menentang keras sebuah birokrasi yang bertele-tele. Pelayanan pemerintah diubah menjadi lebih cepat. ”Emil masih layak jual untuk maju kembali,” katanya.

Hal lainnya, kata Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Kota Bandung ini, Emil merupakan aset kota yang kompeten, jujur dan sederhana, sehingga layak menjadi wali kota kembali. ”Melihat itu, Gerindra siap mengusung beliau. Tapi kita perlu koalisi dengan partai lain,” kata anggota Komisi C DPRD Kota Bandung ini..

Menurut dia, dengan perolehan tujuh kursi di legislatif, Gerindra memang harus berkoalisi dengan partai lain. Arif mengatakan, Gerindra berpeluang menggandeng partai yang masuk koalisi Merah Putih. ”Kalau koalisi merah putih masih ada, setidaknya bisa mengajukan dua calon,” imbuh Arif. (edy/fik)