Senin, Oktober 15Website Resmi DPRD Kota Bandung

Piagam Penghargaan Penyaluran Raskin Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat 2014

Pemerintah Kota Bandung kembali menerima Piagam Penghargaan sebagai Penanggung Jawab Penyaluran Raskin Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat 2014, dari Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang pada kesempatan ini diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar  dan diterima oleh Walikota Bandung M.Ridwan Kamil dengan diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung Elly Wasliah, pada acara Pengharagaan Kinerja Penyaluran Raskin Terbaik dari Gubernur Jawa Barat, di pelataran parkir barat, Gedung Sate, Rabu (22/01).

Pada sambutannya Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengutarakan bahwa sesuai dengan program pengentasan kemiskinan di Provinsi Jawa Barat pemerintah telah mengalokasikan pendistribusian raskin untuk sebanyak 2,6 juta jiwa dengan harga mata rantai distribusi sebesar Rp. 2.100,-. “pengalokasian jatah raskin tersebut tetap sebesar 15kg untuk setiap kepala keluarga, dengan nilai nominal per-kg Rp 2.100,- pada harga distribusi serta kami alokasikan untuk total 2,6 juta jiwa di Provinsi Jawa Barat”, paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung  Elly Wasliah, mengungkapkan bahwa keberhasilan yang diraih saat ini merupakan penghargaan yang kedua setelah tahun lalu mendapatkan penghargaan raskin dalam kategori inovator dalam mensukseskan keberhasilan program raskin Tingkat Provinsi Jawa Barat. “ini bukti bahwa Pemerintah Kota Bandung sangat berkomitmen terhadap program raskin di Kota Bandung sangat tinggi karena sudah 2 tahun berturut-turut untuk raskin ini di gratiskan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Elly juga menambahkan bahwa dengan adanya kebijakan tersebut, dapat meringankan beban masyarakat rumah tangga sasaran (RTS) selama 2 tahun berturut-turut dengan total yang mendapatkan raskin di Kota Bandung tahun 2014 kurang lebih 62.255 RTS, dan jumlahanggaran yang pemerintah Kota Bandung alokasikan untuk program raskin
ini sebanyak 24 Milyar.

“jadi dana yang 24 Milyar ini pertama-tama untuk subsidi beras raskin sebesar Rp. 1.600,-/kg dan juga tidak kalah pentingnya biaya operasional untuk mendistribusikan raskin ini dari titik distribusi ke titik bagi sebesar Rp. 500,-/kg, sehingga total subsidi dari Pemerintah Kota Bandung sebesar Rp. 2.100,-/kg untuk tahun ini”,  jelasnya.

[Sumber:bandung.go.id]