Tedy: Pengawas Sekolah Berperan Penting dalam Pendidikan

tedy-apsi

HumasDPRD – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Kota Bandung sangat fokus untuk mengawal proses pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumer daya manusia (SDM) di Kota Bandung. Badan legislatif tersebut, sangat mengapresiasi semua stakeholder pendidikan yang telah bekerja maksimal termasuk para pengawas sekolah.

Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan AT, MM mengatakan, para pengawas sekolah memiliki peranan yang sangat penting di dunia pendidikan. Para pengawas memiliki peran yang strategis dalam monitoring dan mengevaluasi proses pendidikan di sekolah dari waktu ke waktu.

“Peran dari pengawas sekolah ini harus dioptimalkan dengan maksimal. Apalagi dengan perubahan APBD 2020 Kota Bandung terkait siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP). Kita menginginkan siswa yang masuk kategori RMP mulai dari SD, SMP, dan SMA bisa menyelesaikan pendidikannya. Meski SMA/SMK dan Perguruan Tinggi bukan wewenang tingkat kota tetap diupayakan dan harus dikelola dengan baik serta harus sampai pada siswa RMP. Karena ini merupakan salah satu konsen kita di sektor pendidikan,” ucap Tedy saat menerima audiensi dari Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kota Bandung di Gedung DPRD Kota Bandung Jalan Sukabumi No. 30 Bandung, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya, daalam bidang pendidikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung harus melakukan perbaikan bersama untuk menuju yang lebih baik.

“Dalam hal ini, pengawas sekolah harus selalu memotivasi dan mengawasi setiap sekolah di Kota Bandung,” tambah Tedy.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kota Bandung, Dr. Yusuf menyampaikan, semua anggota APSI Kota Bandung adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang baik sebagai guru maupun kepala sekolah.

“Untuk menjadi anggota APSI Kota Bandung harus mengikuti seleks. Setelah uji kompetensi dan dinyatakan lolos menjadi pengawas sekolah akan mendapatkan sertifikasi. Sebagian besar anggota ASPI Kota Bandung mempunyai prestasi saat menjadi guru atau kepala sekolah. Anggota pengawas di tingkat TK 4 orang, di SD 70 orang, SMP 46 orang & tingkat SMA/SMK di kelola oleh Kantor Cabang Dinas (KCD) wilayah 7,” ucap Yusuf.@dprd.bandung.go.id

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print