Sabtu, November 17Website Resmi DPRD Kota Bandung

Wali Kota Bandung didampingi Ketua DPRD Kota Bandung mendatangi beberesih sungai

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil didampingi Ketua DPRD Kota Bandung Erwan Setiawan mendatangi lokasi pertama kegiatan beberesih sungai di kecamatan Antapani dan Kecamatan Kiara Condong.

Lokasi yang pertama dikunjungi mereka adalah sungai di daerah babakan Surabaya, di Lokasi tersebut kegiatan beberesih Sungai selain dilakukan oleh warga sekitar, dibantu oleh sekitar 400 orang tentara dari KODIM 0618/BS.

Dari Lokasi pertama, Wali Kota Bandung bersama Ketua DPRD menuju ke Lapangan Gasmin Antapani, untuk membuka acara bakti sosial KNPI. Kemudian rombongan menuju sungai di daerah Kecamatan Antapani, Jalan Cilacap. Ridwan kamil dan Erwan pun memberikan apresiasi dan dukungannya kepada warga yang sedang membersihkan sungai.

Setelah meninjau kegiatan beberesih tersebut, Wali Kota Bandung mengatakan kegiatan beberesih tersebut merupakan ajang pemanasan gerakan Beberesih Bandung. Rencananya launching Gerakan Beberesih Bandung akan dilakukan 2 minggu lagi. “Saya datang untuk menyemangati mereka ketika membersihkan sungai,” Ujar Wali Kota Bandung setelah meninjau, Minggu (20/10).

Lebih lanjut dikatakan oleh Wali Kota Bandung kegiatan beberesih sungai ini merupakan kegiatan rutin setiap minggunya selama dua bulan ke depan dan akan bekerjasama dengan unsure TNI, yang dikoordinir oleh KODIM 0618/BS.

“Saya mengharapkan warga pun akan ikut berpartisipasi untuk membersihkan sungai, yang ada di sekitarnya,” ujarnya.

Wali Kota juga mengatakan, nantinya gerakan beberesih bandung tersebut akan menyisir sungai untuk membersihkan sampahnya. “Kegiatan seperti hari ini, bukan hanya merupakan kegiatan insidental, tetapi merupakan kegiatan rutin selama lima tahun kedepan,”jelasnya.

Apabila hari ini sebagai ajang pemanasan hanya 400 tentara, nantinya setelah gerakan tersebut di launching, menurut Wali Kota Bandung akan ada sekitar 1.000 tentara yang akan turun membantu membersihkan sungai.

Wali Kota juga menilai apresiasi warga masyarakat yang ada di sekitar sungai cukup besar, terbukti dari banyak warga masyarakat yang ikut turun serta membersihkan sungai.

Ridwan Kamil pun berharap dengan kegiatan yang rutin dilakukan dalam gerakan beberesih sungai, akan mengubah pola perilaku warga yang suka membuang sampah ke sungai, menjadi tidak melakukan hal tersebut lagi. Selain itu diharapkan warga pun dengan kesadaran sendiri untuk membersihkan sungai yang ada disekitarnya, karena meurut Wali Kota Bandung, apabila kegiatan beberesih sungai hanya dilakukan oleh petugas dari Pemkot Bandung tidak akan dapat selesai dengan cepat karena Pemkot mempunyai keterbatasan.

Selain akan terus membersihkan sungai, menurut Ridwan kamil, sumber dari sampah yang banyak seperti pasar-pasar pun tidak luput menjadi sasaran gerakan beberesih bandung. “Selain sungai, sumber sampah yang banyak seperti pasar-pasar pun tidak akan luput menjadi sasaran dari gerakan beberesih bandung,” pungkasnya.

[Sumber: bandung.go.id]