Sabtu, November 17Website Resmi DPRD Kota Bandung

Wawancara Ketua Komisi D, DPRD Kota Bandung Achmad Nugraha terkait PPDB 2016

DPRD KOTA BANDUNG – Dalam wawancara melalui sambungan telefon antara Achmad Nugraha DH., SH., selaku Ketua Komisi D, DPRD Kota Bandung bersama penyiar radio PR FM 107.5, pada hari rabu, 13-april-2016, dikatakan oleh  Achmad Nugraha DH., SH., bahwa DPRD kota Bandung meminta agar pemerintah Kota Bandung segera menerbitkan Perwal terkait PPDB 2016 agar disosialisasikan kepada calon peserta didik baru.


Sementara untuk saat ini Perwal tersebut masih berupa draft dan masih dilakukan uji publik. Dikhawatirkan olehnya apabila perwal tersebut terlambat diterbitkan, akan menimbulkan ketidak pahaman publik.

Mengenai jalur afirmasi non-akademis yang berkaitan dengan SKTM, ditegaskan oleh Achmad Nugraha DH., SH., bahwa seperti diatur dalam Perda no 15 tahun. 2008 pasal 136  ayat 1, SKTM adalah bukti agar peserta didik bebas dari biaya sekolah, bukan untuk masuk ke sekolah negri dan SKTM dikeluarkan khusus untuk keluarga tidak mampu. Sementara ini Dinas pendidikan menginstruksikan pendataan siswa kurang mampu melalui sekolah. Namun dirinya menyatakan bahwa pendataan tidak seharusnya dilakukan oleh sekolah, karna data tersebut bisa di adopsi dari data KIP dan KJS.

Achmad Nugraha DH., SH., selaku Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung, menyatakan bahwa DPRD tidak mengintervensi terkait Perwal, namun mengingatkan bahwa Perwal  harus berkaitan dengan perundang undangan yang ada.

Dirinya berharap bahwa Perwal bisa segera ditetapkan, setelah DPRD membantu masalah uji publik yang dilakukan oleh pemerintah Kota Bandung dengan mengundang Dinas Pendidikan Kota Bandung, Camat dan perwakilan lurah Kota Bandung, pada hari kamis, 14 april 2016 di gedung DPRD Kota Bandung.

Dihimbau oleh Achmad Nugraha DH., SH., selaku Ketua Komisi D, DPRD Kota Bandung agar masyarakat tidak khawatir dalam menghadapi PPDB 2016 dan  secara pro aktif untuk mencari informasi yang valid, dan menurutnya informasi yang valid adalah informasi yang dikeluarkan oleh sekolah.