Komisi A Sidak ke Proyek Tanpa IMB

komisi A-2

BANDUNG- Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke proyek pembangunan di lahan yang sedang dalam persengketaan di jalan Cihampelas 149 Bandung, Kamis, (30/1/2020) . Dalam kunjungan tersebut selain rombongan Komisi A yang dipimpin Ketua Komisi A, Rizal Khairul hadir pula Wakil Ketua DPRD Kota Bandung  Edwin Senjaya.

Inspeksi mendadak yang dilakukan Komisi A tersebut setelah mendapat laporan masyarakat  bahwa bangunan yang sedang dikerjakan tersebut tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari pemkot Bandung. “Ini bukan pertama kalinya terjadi, pembangunan berlangsung tanpa memiliki IMB,” ujar Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Edwin Senjaya kepada tim Humas Setwan Kota Bandung yang ikut dalam sidak  tersebut.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung, Khairullah menyebutkan, Komisi A sebagai komisi yang salah satunya membidangi persoalan hukum , pihaknya sudah menanyakan perizinan proyek pembangunan tersebut kepada instansi terkait dalam hal ini  DPMPTSP Kota Bandung. Ternyata diperoleh keterangan belum ada perizinan yang dikantongi proyek pembangunan tersebut.

“Ini jelas mencoreng Pemerintah Kota Bandung, karena setiap pembangunan itu harus ada IMB-nya. Apalagi di kawasan sini bisa dibilang kawasan cagar budaya,” ujar Khairullah.

Untuk itu, Komisi A meminta agar proyek pembangunan tersebut dihentikan hingga ada kejelasan dari segi hukum. Apalagi, dari hasil penyelidikan komisi A, proyek tersebut berada di lahan yang sedang dipersengketakan antara PT KAI dengan DKM Nurul Hikmah. Bahkan sebelumnya ada kesepakatan status quo bagi kedua belah pihak yang bersengketa sehingga tidak boleh melakukan tindakan pembangunan apapun.(***)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print