Bandung Ramah Lansia

Angka Harapan Hidup Lansia Meningkat

Editor DPRD Bandung
Senin, 28 September 2020
Dani/Humpro DPRD Kota Bandung
Angka harapan hidup lansia di Kota Bandung terus mengalami peningkatan. Hal itu mengemuka pada raker Pansus 6 DPRD Kota Bandung tentang Raperda Bandung Ramah Lansia di DPRD Kota Bandung, Senin (28/9/2020)*

HumasDPRD- Angka harapan hidup lansia di Kota Bandung terus mengalami peningkatan. Pada 2019, angka harapan hidup lansia yakni 74,4 tahun, yang mengalami peningkatan dari sebelumnya pada tahun 2018 dengan 74 tahun dan 2017 yakni 73 tahun. 

Ketua Pansus 6 DPRD Kota Bandung  Kurnia Solihat berharap semua kebutuhan dasar lansia dapat diakomodasi dalam Raperda Kota Bandung Ramah Lansia. Tanpa melihat apakah lansia tersebut masuk dalam kategori apapun. 

"Ada hak-hak dasar lansia yang harus bisa dipenuhi, tanpa melihat apakah potensial, ketegori DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dan lain sebagainya," ungkapnya pada Rapat Pansus 6 terkait Kota Bandung Ramah Lanjut Usia di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Senin (28/9/2020). 

Rapat Pansus 6 DPRD Kota Bandung tersebut, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak. 

Menurutnya keberpihakan kepada lansia, misalnya dari kemudahan akses transportasi maupun fasilitas umum lainnya. Diharapkan  semua kategori lansia dapat memperoleh kemudahan tersebut. 

"Jadi keberpihakan lansia bukan hanya di dalam kota, tapi juga keluar, seperti Kota Bandung bekerjasama dengan pemerintah pusat dan lain sebagainya," ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Anggota Pansus 6 DPRD Kota Bandung lainnya, Salmiah Rambe menerangkan bahwa pada Raperda Kota Bandung Ramah Lansia, memiliki spirit bantuan kepada lansia, terutama yang kurang mampu. 

Terutama untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, yang masih menjadi kendala bagi lansia dengan keterbatasan ekonomi. Hal ini harus ada perhatian pemerintah terhadap para lansia di Kota Bandung. 

"Spiritnya memberikan bantuan kepada lansia, terutama yang nonpotensial atau kesulitan secara ekonomi," tambahnya.* (Rio)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR