Bantu Sosialisasi Perda, DPRD Perkuat Kolaborasi dengan Organisasi Pemuda

Editor DPRD Bandung
Selasa, 28 September 2021
Ajie/Humpro DPRD Kota Bandung.
Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan, AT., MM., menghadiri undangan pembukaan Kegiatan Musda XV DPD KNPI Kota Bandung 2021, di Hotel Preanger, Selasa (28/9/2021).

HumasDPRD – Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan, AT., MM., menghadiri undangan pembukaan Kegiatan Musda XV DPD KNPI Kota Bandung 2021, di Hotel Preanger, Selasa (28/9/2021).

Acara yang diikuti sejumlah organisasi kepemudaan itu dihadiri pula oleh Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Ketua Dewan berterima kasih atas kontribusi organisasi kepemudaan yang berada di bawah KNPI, yang selama ini telah membantu Pemerintah Kota Bandung. Selain mendukung pembangunan kota, pemuda juga ikut bergabung dalam proses pemulihan pandemi.

“Mudah-mudahan Musda ini berjalan lancar, sukses, kemudian juga bisa bersinergi dengan Pemkot, dan juga dengan KNPI Jawa Barat, karena memang tanggung jawab kita ke depan ini luar biasa sangat berat sekali. Pemkot membutuhkan kontribusi pemuda karena pemuda yang memberikan inspirasi, memberikan energi, sehingga mudah-mudahan kita bisa segera keluar dari pandemi,” tutur Tedy.

Tedy menjelaskan, Kota Bandung sudah masuk predikat Kota Layak Pemuda. Ruang berbagai agenda pembangunan juga telah banyak melibatkan pemuda.

Maka, DPRD Kota Bandung melihat pentingya menguatkan sinergi dan kolaborasi dengan pemuda. Termasuk melalui peningkatan sosialisasi produk hukum yang dibentuk dewan bersama pemkot melalui serangkaian perda.

Yang terbaru, kata Tedy, terdapat dua perda yang sangat terkait dengan pemuda. Yang pertama, Perda Ekonomi Kreatif.

“Perda ekonomi kreatif ini justru motornya pemuda. Karena memang Bandung ini sudah dikenal sebagai salah satu kota kreatif,” tuturnya.

Sementara perda yang belum lama disahkan yakni Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN), juga membutuhkan peran pemuda. Langkah-langkah pencegahan narkoba ini bisa digerakkan oleh organisasi pemuda di masing-masing wilayahnya.

“P4GN ini kita butuh banget dengan KNPI untuk bersinergi. Kemarin komunikasi dengan BNN. Terdekat akan ada komunikasi dengan pemuda. Karena memang Perda P4GN ini membutuhkan penanganan dari tingkat RT dan RW, di mana pemuda ada di sana,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, Pemerintah Kota Bandung mengucapkan terima kasih kepada KNPI Kota Bandung, yang telah menjadi wadah OKP. Organisasi pemuda bersama Pemkot Bandung ikut membangun kota dengan sejumlah program kreatifnya.

“Saya mewakili Pemkot Bandung mengucapkan terima kasih, karena KNPI Kota Bandung sebagai wadah seluruh OKP yang ada di dalamnya, bersama-sama dengan Pemkot Bandung ikut membangun kota yang sudah baik, menjadi lebih baik,” ujarnya.

Ia berhadap Musda KNPI Kota Bandung ini bisa melahirkan pemimpin yang bekerja sama dengan Pemkot Bandung membangun kota dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Harapannya, tentunya mampu melahirkan program kerja yang tidak hanya bermanfaat bagi anggotanya, tetapi juga bagi masyarakat Kota Bandung,” tutur Yana.* (Editor)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR