Raperda LPPL Sonata

Dewan Dorong Fungsi Sonata Menjadi Multimedia, Tak Sekadar Radio

Editor DPRD Bandung
Rabu, 14 April 2021
Dani/Humpro DPRD Kota Bandung.
Pansus 10 DPRD Kota Bandung menggelar rapat kerja dengan agenda pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pembentukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Sonata, di ruang rapat Bamus DPRD Kota Bandung, Rabu (14/4/2021).

HumasDPRD - Panitia Khusus (Pansus) 10 DPRD Kota Bandung menggelar rapat kerja lanjutan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Bagian Hukum dan Tim Penyusun Naskah Akademik, dengan agenda pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pembentukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Sonata, di ruang rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Bandung, Rabu (14/4/2021).

Ketua Pansus 10, Muhammad Al-Haddad, SE.,MM memimpin langsung gelaran rapat kerja tersebut, dengan dihadiri oleh Wakil Ketua, Aan Andi Purnama, SE, dan para anggota, yaitu, Christian Julianto Budiman, Hj. Nenden Sukaesih, SE; Hj, Siti Nurjanah, SS; Ir. H. Agus Gunawan; Agus Salim; Asep Mahyudin, M.Ag ;dan Yudi Cahyadi, SP.

Ketua Pansus 10, Muhammad Al-Haddad mengatakan, agenda pembahasan kali ini terkait penyusunan matriks pembahasan dari hasil focus group discussion (FGD) studi banding dan konsultasi bersama stakeholder terkait yang telah dilakukan Diskominfo beberapa waktu lalu.

Rapat ini juga membahas rancangan regulasi LPPL Sonata yang disesuaikan dengan aturan dalam Perundang-undangan Cipta Kerja sebagai landasan acuan hukum terbaru.

“Karena tujuan pembentukan Raperda ini terwujudnya LPPL yang mandiri, profesional dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat dan juga Pemerintah Kota Bandung, maka perlu dibahas secara menyeluruh terkait tahap per tahap bagian dari progres yang telah dan akan dilakukan," ujarnya.

Al-Haddad pun menyoroti terkait kesiapan seluruh aspek pokok dan pendukung dari terbentuknya Raperda LPPL Sonata ini. Sebab, Raperda ini pun dibuat untuk menghadapi era digitalisasi yang semakin berkembang, sehingga harus dilakukan pematangan kesiapan dari seluruh aspeknya guna memperkaya hadirnya perda ini di kemudian hari.

“Raperda ini diharapkan bukan memperkecil ruang gerak LPPL, tapi hadirnya Raperda ini justru memperlebar atau memperkaya ruang gerak dan khasanah dari LPPL kedepannya," ucapnya.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua Pansus 10, Aan Andi Purnama. Menurut Aan, sebagaimana fungsi media pada umumnya yaitu, sebagai sarana informasi, edukasi, dan hiburan, maka hadirnya LPPL Sonata Kota Bandung ini pun harus mampu memenuhi tiga unsur tersebut.

Sehingga, sebagaimana UU Nomor 32 Tahun 2002, dan PP Nomor 11 Tahun 2005, tugas dan fungsi LPPL Sonata bukan hanya menjadi media penyedia informasi capaian pembangunan dari Pemerintah Kota Bandung semata, tetapi juga harus menjadi sarana komunikasi dan informasi yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan informasi, edukasi, dan hiburan dari seluruh lapisan masyarakat Kota Bandung.

“Dengan demikian usulan kami harus ada perubahan judulnya, bukan lagi Pembentukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Sonata, tapi kata ‘radio’-nya dihapus, agar ruang gerak dan fungsinya dapat lebih leluasa sebagai media yang mampu memenuhi kebutuhan dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Asep Mahyudin menambahkan, orientasi tujuan pembentukan LPPL Sonata ini memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat dan dihadapkan pada perkembangan era digitalisasi. Maka, ia mendorong agar Pemkot Bandung tidak hanya berfokus pada media radio, tapi juga berbagai kanal yang mampu diakses dengan mudah oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian tujuan dan fungsi pembentukan LPPL Sonata itu dapat terpenuhi secara optimal.

"Prinsip hadirnya media massa itu untuk memberikan informasi kepada masyarakat dengan jangkauan luas, sehingga, dengan hadirnya LPPL Sonata harusnya Pemerintah Kota Bandung mampu mengakomodir kebutuhan tersebut melalui berbagai jenis sarana yang mampu dijangkau oleh masyarakat Kota Bandung," katanya. (Permana).


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR