Dewan Mediasi Soal Komunikasi Forkeran dengan Kwarcab Kota Bandung

Editor DPRD Bandung
Rabu, 28 April 2021
Jaja/Humpro DPRD Kota Bandung.
Jajaran Komisi A DPRD Kota Bandung menerima audiensi dari Forum Ketua Kwartir Ranting Kota Bandung (FORKERAN), di Ruang Rapat Komisi A, DPRD Kota Bandung, Rabu (28/04/2021).

HumasDPRD - Komisi A menerima audiensi dari Forum Ketua Kwartir Ranting Kota Bandung (FORKERAN) di Ruang Rapat Komisi A Kantor DPRD Kota Bandung, Rabu (28/04/2021).

Audiensi kali ini diterima baik dan hangat oleh jajaran pimpinan Komisi A di antaranya, Ketua Komisi A, H. Rizal Khairul, SIP., M.Si., Wakil Ketua Khairullah, S.Pd.I, serta Erick Darmadjaya, B.Sc., dan H. Agus Andi Setyawan, S.Pd.I.

Audiensi ini membahas tentang penyampaian keluhan serta evaluasi dari organisasi Kwartir Ranting (Kwaran) terhadap kinerja kepengurusan Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bandung.

Kak Nendra sebagai Ketua Forkeran Kota Bandung menyampaikan permohonan terima kasih atas penerimaan oleh Komisi A DPRD Kota Bandung. Ia dan pengurus Forkeran Kota Bandung berharap audiensi ini mendapatkan petunjuk yang baik sehingga permasalahan-permasalahan yang dihadapi bisa diselesaikan dengan baik.

"Kami hadir di sini, tidak lain untuk memohon petunjuk dari kakak-kakak terhormat agar masalah yang sedang kami hadapi bisa terselesaikan dengan baik. Persoalan ini terkait sistem kepengurusan Kwarcab yang sangat tertutup di segala hal, yang menurut kami harus bisa dikomunikasikan dengan baik kepada kami sebagai Kwaran yang notabene ‘anak kandung’ dari Kwarcab ini,” ujar Kak Nendra.

Kwaran yang merupakan organisasi Pramuka tingkat Kecamatan yang membawahi sekolah dasar hingga sekolah menengah atas ini merasa terdapat sekat hubungan yang cukup serius dengan Kwarcab. Hal ini mereka sayangkan karena tidak cepat dibenahi demi jalannya kepramukaan di Kota Bandung kembali kondusif.

Menurut Kak Boy, selaku salah satu Ketua Kwaran di Kota Bandung, satu-satunya jalan yang bisa ditempuh yaitu melaksanakan Musyawarah Luar Biasa (MLB) bersama seluruh jajaran Kwarcab dan memohon agar difasilitasi proses tersebut oleh Komisi A DPRD Kota Bandung.

"Kami di sini ingin mendorong kepada kwarcab melaksanakan Musyawarah Luar Biasa untuk menyelesaikan semua persoalan yang ada di organisasi ini bisa kembali membaik dan kami semua bisa menjalankan tugas kami sebagai pembentuk karakter bangsa bisa maksimal,” tutur Kak Boy.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung, Rizal Khairul menyampaikan, tindaklanjut dari pertemuan ini akan segera diupayakan dengan mediasi antara kedua belah pihak.

"Tentu dari persoalan ini, akan kami hadirkan juga pihak lain dalam hal ini Kwaran, agar kami bisa menemukan sejauh mana jawaban dan harapan dari kwaran sehingga ada objektivitas yang muncul agar solusi yang diputuskan bisa baik untuk kedua belah pihak,” tuturnya.

Audiensi ini ditutup oleh pernyataan Khairullah, S.Pd.I, yang membuka kesempatan komunikasi lansgung kepada ketua Kwarcab Kota Bandung.

"Di sini saya sangat berapresiasi kepada bapak, ibu. Insyaallah akan kami buka komunikasi kepada ketua Kwarcab agar bisa menyampaikan langsung kepada ketua kwarcab,” ujarnya.* (Tofan)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR