Dewan Minta Pemkot Segera Perhatikan Honorarium Tenaga Kependidikan

Editor DPRD Bandung
Sabtu, 23 Oktober 2021
Marhan/Humpro DPRD Kota Bandung.
Anggota DPRD Kota Bandung, Asep Sudrajat saat menjadi pembicara beberapa waktu lalu.

HumasDPRD - Anggota DPRD Kota Bandung, Asep Sudrajat mendorong Pemerintah Kota Bandung untuk memperhatikan kesejahteraan tenaga kependidikan non ASN, khususnya penjaga sekolah.

Pria yang biasa disapa Upep ini meminta Pemkot Bandung untuk segera melakukan penyesuaian honorarium kepada para tenaga pendidik, sesuai dengan Perda No. 2 Tahun 2021 tentang Tenaga Pendidikan.

"Kesejahteraan tenaga pendidikan ini harus diperhatikan pemerintah, dalam hal ini penjaga sekolah, karena mereka berperan penting dalam penyelenggaran pendidikan," ujarnya, pada “Talk show bersama Kang Upep” terkait Honorarium Para Tenaga Kependidikan SD-SMP Kota Bandung di Radio Cakra, Sabtu (23/10/2021).

Ia menjelaskan, dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa para penjaga sekolah mendapat upah dengan mengacu pada Upah Minimum Kota (UMK). Sementara aspirasi yang diterima oleh pihaknya dari penjaga sekolah, standar upah tersebut masih belum sesuai dengan UMK.

"Kita menyayangkan adanya kewajiban yang tidak sejalan dengan hak. Seperti para penjaga sekolah yang seharus mendapat upah masih di angka sekitar Rp1,5 juta. Tentu ini harus menjadi perhatian pemerintah," ujarnya.

Asep menuturkan bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh penjaga sekolah kerap melebihi tugasnya, tidak hanya tentang keamanan saja tetapi juga kebersihan sekolah.

Dengan beban pekerjaan yang berlipat ganda, maka kesejahteraan penjaga sekolah juga diperhatikan. Asep mengharapkan penyelenggaran pendidikan di Kota Bandung dipastikan menjadi lebih baik dan berdampak positif kepada masyarakat.

"Tanpa adanya penjaga sekolah maka akan berdampak pada penyelenggaraan pendidikan, seperti kenyamanan, keamanan dan kebersihan. Kita harus memberikan apresiasi dan perhatian kepada mereka," katanya.

Ia juga mengapresiasi para penjaga sekolah yang terus membantu penyelenggaraan pendidikan di Kota Bandung, sehingga berjalan dengan baik. Dengan demikian, generasi muda di Kota Bandung dapat memperoleh pendidikan yang baik dan berkualitas.

"Kami mengapresiasi para penjaga sekolah di Kota Bandung, dan berharap pemerintah ikut memperhatikan kesejahteraan mereka, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini," ujarnya.* (Rio)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR