​​​​​​​Dewan Sokong Penuh Pembinaan dan Apresiasi Atlet Kota Bandung

Editor DPRD Bandung
Rabu, 8 Desember 2021
Tofan/Humpro DPRD Kota Bandung.
Ketua DPRD H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., dan Wakil Ketua DPRD Dr. H. Edwin Senjaya, SE., M.M., memberikan penghargaan bagi insan olahraga berprestasi dan berdedikasi di PON XX dan PEPARNAS XVI 2021, di Hotel Bumi Sangkuriang, Selasa (7/12/2021).

HumasDPRD - Ketua DPRD H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., dan Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Dr. H. Edwin Senjaya, SE., M.M., hadir dalam acara pemberian penghargaan bagi insan olahraga yang berprestasi dan berdedikasi dalam PON XX dan Peparnas XVI Tahun 2021, di Hotel Bumi Sangkuriang, Selasa (7/12/2021) malam.

Selain pimpinan dewan, turut hadir Sekretaris Komisi C DPRD Kota Bandung Ferry Cahyadi Rismafury, S.H. Hadir pula dalam acara tersebut, Wali Kota Bandung Oded M Danial, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, dan Sekda Kota Bandung Ema Sumarna.

Ketua DPRD H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., mengagumi semangat yang ditunjukkan para atlet dan ofisial Kota Bandung, baik yang berlaga di PON maupun Peparnas 2021, di Papua. Energi yang dikuras untuk menjemput setumpuk prestasi sejak dari masa pelatihan membuktikan daya juang wakil kota Bandung yang kokoh, demi menjadi yang terunggul di tengah kompetisi.

“Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya karena prestasi ini membawa Jabar juara umum. Prestasi ini menjadi energi positif di tengah pandemi ini. Warga bandung mendapat semangat yang kuat lagi. Ini membuktikan semangat juang yang tinggi dan gairah para atlet untuk memberikan prestasi yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Tedy mengatakan, DPRD dan Pemkot tentu tak ingin para atlet dan seluruh bagian dari kontingen PON dan Peparnas Kota Bandung gundah oleh kabar soal ketidakpastian apresiasi. Dewan dan Pemkot sejak jauh hari telah membahas anggaran khusus untuk mengapresiasi kiprah olahragawan Kota Bandung, meski membutuhkan serangkaian tahapan dan proses.

“Untuk menjawab keraguan selama ini, insyaallah DPRD dan Pemkot membuktikan bahwa kami sangat peduli kepada atlet. Kami membahas porsi APBD untuk atlet yang berprestasi hingga menyiapkan Rp 16,5 miliar. Ini murni untuk kepentingan pengembangan sistem olahraga di Kota Bandung. Mudah-mudahan Februari (2022) semua kadeudeuh ini rampung tersalurkan,” ujarnya.

Dengan kepastian dana apresiasi ini, Tedy berharap para atlet dan tim tetap menjaga gairah untuk mengejar prestasi, sembari mempersiapkan diri mewakili Kota Bandung dalam beberapa kompetisi mendatang.

Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Dr. H. Edwin Senjaya, SE., M.M., menuturkan, dewan tentu sangat memperhatikan nasib para atlet Kota Bandung. Bagi dewan, dana apresiasi ini sangat penting karena para atlet sangat memerlukan dukungan untuk menunjang kebutuhan dan kesejahteraan, terutama untuk menjaga energi semangat berlatih demi meraih prestasi di masa mendatang.

“Kita juga kan akan menghadapi Porprov. Kita berharap mereka bisa loyal dan memberikan prestasi kepada Kota Bandung,” ujarnya.

Sebagai pelaku olahraga di cabor Wushu, Edwin juga menyoroti pentingnya peningkatan sarana dan prasarana latihan hingga kebutuhan peralatan para atlet yang harus terus ditunjang untuk kebutuhan pembinaan olahraga.

Ia juga berharap hadirnya uang saku bagi atlet, yang tidak hanya diberikan ketika ada ajang pertandingan. Dengan begitu, tidak ada lagi nasib atlet atau mantan atlet berprestasi yang hidupnya terpuruk, seakan jasanya bagi Kota Bandung terlupakan.

“Mungkin berat dari segi anggaran. Tetapi kita bisa memilah, khususnya bagi atlet yang berprestasi diberikan skala prioritas. Kalau bisa supaya mereka terjamin masa depannya, kita bisa memberikan lapangan pekerjaan untuk mereka, itu juga sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Edwin berharap pembinaaan ini bisa terus berkesinambungan. Dengan prestasi olahraga, karakter sumber daya manusia Kota Bandung bisa dibentuk menjadi lebih baik.

“Terutama kesejahteraan atlet bisa semakin diperhatikan karena kita tahu bahwa prestasi olahraga ini bisa mengangkat harkat, martabat, derajat Kota Bandung. Dengan olahraga ini bisa membangun dan membentuk karakter manusia,” kata Edwin.

Wali Kota Bandung Oded M Danial menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh insan olahraga Kota Bandung. Oded optimistis, Pemerintah Kota Bandung akan terus berupaya menghadirkan pembinaan dan apresiasi bagi atlet-atlet seluruh cabang olahraga.

“Tentu itu semua tidak sederhana. Oleh karena itu butuh keseriusan dari kita. Saya juga sampaikan apresiasi kepada anggota DPR yang telah men-support penganggaran dan keberpihakan untuk uang kadeudeuh ini, karena ini hasil bersama. Saya bersyukur dan berterima kasih bagi 50 anggota dewan yang mendukung Pemkot Bandung untuk mendukung para atlet,” ujarnya.

Dengan hadirnya perhatian dari DPRD dan Pemkot Bandung ini, Oded menaruh harapan kepada para atlet untuk selalu berlatih dan berjuang mengembangkan olahraga, sekaligus menjadi inspirasi bagi seluruh warga Kota Bandung.

“Mudah-mudahan apa yang diberikan Pemerintah Kota Bandung memiliki nilai berkah dan bermanfaat bagi kita semua. Kalau berkah itu ada tiga indikatornya, pertama dengan adanya kadeudeuh itu semakin meningkatkan prestasi olahraga, kedua semakin taat kepada Allah, ketiga semakin lebih cinta pada Kota Bandung,” tutur Oded.* (Editor)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR