DPRD Siap Dukung Penuh Pergerakan Karang Taruna Kota Bandung

Editor DPRD Bandung
Sabtu, 11 Desember 2021
Marhan/Humpro DPRD Kota Bandung.
Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Achmad Nugraha, Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Aries Supriyatna, dan Anggota Komisi C DPRD Kota Bandung Folmer Silalahi, menghadiri acara Rapat Kerja Karang Taruna Kota Bandung, di Bandung, Sabtu (11/12/2021).

HumasDPRD - Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Achmad Nugraha, Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Aries Supriyatna, dan Anggota Komisi C DPRD Kota Bandung Folmer Silalahi, menghadiri acara Rapat Kerja Karang Taruna Kota Bandung, di Padepokan Mayang Sunda, Bandung, Sabtu (11/12/2021).

Achmad mengapresasi gerak cepat pengurus baru Karang Taruna Kota Bandung yang baru resmi dilantik sebulan lalu untuk segera menggelar rapat kerja. Komitmen kerja Karang Taruna Kota Bandung sudah ditunjukkan dengan menyediakan ruang bagi pelaku seni yang terkena dampak pandemi.

Achmad menjelaskan, seni pertunjukan, terutama tradisional Sunda terkendala aturan pembatasan kegiatan selama pandemi. Pada acara pembukaan Rapat Kerja Karang Taruna Kota Bandung itu, sejumlah kesenian mulai dari Jaipongan hingga Sisingaan diajak mengisi panggung.

“Ini Karang Taruna yang luar biasa. Saya baru melihat perhelatan yang punya warna lain, yang memberikan suri tauladan bagi anak-anak muda, seorang Karang Taruna yang bisa menggambarkan masa depan mereka yang lebih baik,” ujar Achmad.

Selain itu, pada acara pembukaan itu dihelat sesi pemberian penghargaan bagi petugas kebersihan yang dinilai sama berjasa dengan tenaga medis yang bertugas di masa pandemi. Achmad dan Aries Supriyatna diperkenankan memberikan penghargaan itu kepada dua petugas kebersihan yang dianggap telah berdedikasi dengan tugasnya meski berada di bawah ancaman penularan wabah Covid-19.

“Karang Taruna diisi oleh anak-anak muda yang menjadi suri tauladan. Mereka berkomitmen untuk memperlihatkan bagaimana nuansa menghargai orang-orang kecil, nuansa bagaimana mengangkat derajat orang kecil. Ini yang memang harus kita ukir sejarah di Kota Bandung. Mari pemimpin paham itu. Paham bagaimana memperhatikan kepedulian-kepedulian yang tinggi, bagi masyarakat di bawah. Karena di mata Tuhan kita sama. Tidak ada yang derajatnya tinggi,” katanya.

Achmad juga memuji energi optimisme Karang Taruna Kota Bandung yang dinilai luar biasa. Di masa pandemi, Karang Taruna Kota Bandung sudah melakukan banyak hal baik dan terus membantu warga, meskipun tidak punya anggaran.

“Gerakan soliditas di bawah kepemimpinan Andri Gunawan kepada Karang Taruna kecamatan dan kelurahan sudah sangat luar biasa, dan di luar prediksi saya. Harapan saya gerakan ini bisa terus menghasilkan sesuatu yang bisa membangun anak-anak muda, regenerasi ke depan oleh Andri dan jajarannya. Raker ini tentunya bisa memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan fisik maupun mental masyarakat di Kota Bandung. Sebagai pimpinan DPRD saya sangat mendukung perjuangan Karang Taruna Kota Bandung,” tutur Achmad.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kota Bandung Andri Gunawan mengatakan, rapat kerja itu digelar untuk merancang sejumlah program pada 2022, dengan fokus program untuk memulihkan dan membangkitkan ekonomi Kota Bandung lewat pemberdayaan potensi pemuda.

“Kita berharap raker ini menciptakan fokus program-program Karang Taruna, dari mulai tingkat kota hingga tingkat RW. Kita mau ada fokus untuk program tahun depan itu temanya recovery atau pemulihan ekonomi,” katanya.

Andri pun menyampaikan terima kasihnya kepada kepada DPRD dan Pemerintah Kota Bandung yang terus mendukung keberlanjutan Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK). Berkat hadirnya PIPPK, Karang Taruna Kota Bandung bisa menggerakkan sejumlah program untuk memberdayakan para pemuda dan lingkungan sekitarnya.

“Mulai tahun depan kami ingin ada fokus pemerkuatan ekonomi pemuda Karang Taruna. Ada fokus usaha kecil mulai dari produksi kerajinan tangan hingga kuliner. Dengan ketersediaan anggaran tahun depan, mudah-mudahan bisa meningkatkan potensi pemuda dari berbagai lini usaha baik produk maupun jasa,” ujarnya.* (Editor)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR