Edwin Senjaya Harap Musrenbang Usulkan Infrastruktur Pendidikan

Editor DPRD Bandung
Rabu, 8 Februari 2023
Robby/Humpro DPRD Kota Bandung.
Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Bandung menghadiri Musrenbang Kecamatan Astana Anyar, di Hotel D'best, Jalan Otto Iskandar Dinata, Bandung, Rabu (8/2/2023).

HumasDPRD - Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Dr. H. Edwin Senjaya, S.E., M.M., berharap  infrastruktur pendidikan menjadi salah satu prioritas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Mengingat masih banyak titik-titik blind spot terkait hadirnya sekolah bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya pada Musrenbang Kecamatan Astana Anyar, di Hotel D'best, Jalan Otto Iskandar Dinata, Bandung, Rabu (8/2/2023). Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Anggota DPRD Kota Bandung, Folmer Siswanto M. Silalahi, S.T., dan H. Asep Mulyadi.

"Masih banyak kewilayahan yang kekurangan sekolah, sehingga infrastruktur pendidikan ini perlu kita perhatikan bersama," ujarnya.

Menurut Edwin, dengan masih adanya titik blind spot sekolah, maka menjadi persoalan ketika masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi.

"Ini menimbulkan masalah ketika sekolah tidak punya, tapi diberlakukan zonasi. Mudah-mudahan ini bisa segera diupayakan," ujarnya.

Ia menerangkan bahwa tema musrenbang tahun ini yakni pemulihan ekonomi dan infrastruktur mengingat perekonomian sempat mengalami kemunduran karena pandemi Covid-19.

"Saat ini ada pagu indikatif, sehingga lebih mudah menyeleksi program-program kebutuhan dan prioritas masyarakat di masing-masing wilayah," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota DPRD Kota Bandung, Folmer Siswanto menjelaskan bahwa dalam musrenbang dibutuhkan partisipasif masyarakat dalam menentukan arah pembangunan Kota Bandung.

Partisipasi masyarakat dibutuhkan, sehingga tidak hanya dari pemerintahan. Akan tetapi, disesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas dari masyarakat di setiap kewilayahan.

"Intinya semua harus hadir dalam musrenbang, baik stakeholder maupun masyarakat di kewilayahan," ucapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Bandung, H. Asep Mulyadi berharap pembangunan infrastruktur dapat dilakukan secara optimal, karena menjadi wajah dari Kota Bandung dan masyarakatnya.

"Kami berharap kewilayahan tidak hanya mengusulkan program-program yang kelihatan oleh masyarakat, tapi juga dapat terasa kegunaan dan manfaatnya," katanya.* (Rio)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR