Gedung DPRD Terapkan Lockdown, Dewan Tetap Bertugas Secara Virtual

Editor DPRD Bandung
Selasa, 29 Juni 2021
Nuzon/Humpro DPRD Kota Bandung.
Sejumlah anggota DPRD Kota Bandung dan Wali Kota Bandung Oded M. Danial, mengikuti jalannya rapat paripurna melalui layanan teleconference, mengikuti kebijakan pembatasan aktivitas di gedung dewan, Selasa (29/6/2021).

HumasDPRD - Seturut upaya pemerintah menekan angka penyebaran kasus COVID-19 di Kota Bandung, DPRD Kota Bandung membatasi sejumlah kegiatan. Gedung DPRD Kota Bandung memberlakukan lockdown untuk menghindari angka penyebaran COVID-19.

Walau demikian, pimpinan dan anggota dewan tetap menjalankan tugas dengan memaksimalkan layanan komunikasi virtual atau teleconference.

Terdapat sederet agenda kerja legislasi, budgeting, hingga pengawasan, yang tidak dapat ditunda.

Serangkaian agenda rapat dan pembahasan rancangan peraturan daerah melalui sejumlah panitia khusus telah menanti.

Adapun kegiatan sidang paripurna dijalankan dengan protokol kesehatan ketat, seperti dalam Rapat Paripurna membahas Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020 Kota Bandung, yang digelar Selasa, 29 Juni 2021.

Peserta rapat dibatasi hanya 25 persen anggota. Sisanya mengikuti jalannya rapat paripurna melalui teleconference.

Kehadiran pihak eksekutif juga ikut diatur. Dalam rapat paripurna Selasa, 29 Juni 2021, unsur pimpinan dari Pemerintah Kota Bandung dihadiri Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana serta Sekda Ema Sumarna.

Sementara Wali Kota Bandung Oded M. Danial hadir lewat layanan teleconference dari Pendopo Kota Bandung.

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan, hingga saat ini masih ada laporan pegawai terkonfirmasi positif COVID-19 di gedung DPRD Kota Bandung.

Oleh karena itu, DPRD Kota Bandung segera menerapkan kebijakan pembatasan kegiatan sesuai dengan prosedur lockdown yang juga diberlakukan di perkantoran Pemerintah Kota Bandung.

Rencananya, penutupan aktivitas di Gedung DPRD Kota Bandung akan berlaku hingga Minggu, 4 Juli 2021. Tedy menuturkan, selama work from home (WFH), seluruh anggota dewan akan tetap melaksanakan tugas dengan memaksimalkan teleconference.

Pada Senin, 5 Juli 2021, agenda kerja DPRD Kota Bandung akan dilanjutkan. Terdapat jadwal rapat kerja Komisi B dan C membahas rencana penetapan persetujuan kerja sama pelayanan TPPAS Regional Legoknangka.

Di samping itu, ada agenda rapat kerja Badan Anggaran DPRD Kota Bandung membahas Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020.

Hasil pembahasan melalui rapat virtual ini serta hasil rapat kerja ini akan dibawa ke rapat paripurna, Selasa, 6 Juli 2021, jika situasinya mendukung. Apabila dimungkinkan, prosedur rapat akan tetap memberlakukan protokol kesehatan ketat dengan membatasi keterisian ruang rapat hingga 25 persen.

“Hari Senin kita akan kembali melakukan kegiatan karena banyak sekali agenda, termasuk pembahasan APBD. Kami meminta maaf kepada warga Kota Bandung yang hendak ada keperluan di DPRD kota Bandung, demi kebaikan bersama, kita terlebih dahulu mengikuti imbauan yang disarankan Pemerintah Kota Bandung. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi mobilitas supaya kondisi penyebaran COVID-19 di Kota Bandung semakin menurun,” tuturnya.*


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR