Hadir Sambungan Air Baru, Dewan Dorong Perumda Tirtawening Tingkatkan Layanan Pelanggan

Editor DPRD Bandung
Kamis, 10 November 2022
Ridwan/Humpro DPRD Kota Bandung.
Pimpinan DPRD Kota Bandung menghadiri acara peresmian dimulainya pembukaan sambungan air bersih baru Perumda Tirtawening Kota Bandung, di Buahbatu Regency, Bandung, Kamis (10/11/2022).

HumasDPRD - Pimpinan DPRD Kota Bandung menghadiri acara peresmian dimulainya pembukaan sambungan air bersih baru Perumda Tirtawening Kota Bandung, di Buahbatu Regency, Bandung, Kamis (10/11/2022).

Hadir Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., Wakil Ketua DPRD Kota Bandung H. Achmad Nugraha, D.H., S.H., sedangkan dari Pemkot Bandung hadir Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Sekda Ema Sumarna, serta Dirut Perumda Tirtawening Sony Salimi.

Ketua Dewan Tedy Rusmawan mengatakan, dibukanya jalur distribusi air bersih di kawasan baru, di timur Bandung ini menjadi realisasi yang telah ditunggu lama oleh publik. Saat ini kebutuhan air bersih begitu terbatas karena belum hadirnya layanan perusahaan pelat merah milik Pemkot Bandung yang dahulu bernama PDAM Tirtawening itu di Bandung timur.

“Di Hari Pahlawan ini peluncuran pemasangan saluran baru mudah-mudahan menjadi berkah bagi warga,” tuturnya.

Saluran air bersih bagi pelanggan baru ini menjadi upaya memenuhi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Bandung. Dari target 25 ribu warga penerima sambungan air bersih Perumda Tirtawening, baru terpenuhi sekitar 12 ribu pelanggan.

“Mudah-mudahan target 60 ribu dari sambungan baru ini bisa melebihi target sebagai bentuk pelayanan bagi warga. Ini sebuah hasil yang positif buat kita semua,” ujarnya.

Tedy menambahkan, target penambahan sambungan air bersih bagi pelanggan baru ini harus diimbangi dengan peningkatan dan pembenahan layanan Perumda Tirtawening. Ia berharap komplen pelanggan yang selama ini muncul bisa ditekan, terlebih dengan penerapan teknologi baru yang digunakan saat ini.

“Besar harapan tarifnya juga kompetitif. Dengan semangat kebersamaan dan kolaborasi mewujudkan Bandung Unggul, Sejahtera, Agamis, insyaallah sambungan baru ini menjawab harapan warga Bandung terkait kebutuhan air bersih,” tutur Tedy.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana sangat mengapresiasi acara ini. Ia berharap mudah-mudahan Perumda Tirtawening bisa memberikan layanan terbaik bagi warga Kota Bandung.

“Mudah-mudahan dengan penambahan 700 liter per detik insyaallah target RPJMD bisa terpenuhi. Bagaimana pun kita punya keyakinan bahwa air ini sumber kehidupan. Mudah-mudahan betul-betul memberikan kontribusi dan pelayanan epada masyarakat terutama ketersediaan air bersih,” ujarnya.

Dirut Perumda Tirtawening Sony Salimi menjelaskan, saluran baru yang mencakup layanan di area Gedebage ini sudah bisa dioperasikan sejak September 2022. Dari hasil pengukuran, distribusi air bisa menghasilkan 700 liter per detik.

“Kapasitas ini bisa melayani 60 ribu pelanggan baru. Dalam tahun pertama, kami akan membangun dua zona dari empat zona. Ditargetkan ada 20 ribu sambungan baru di awal tahun pertama, meskipun bisa kami selesaikan jika ada 40 ribu pelanggan di tahun pertama,” katanya.

Distribusi air bersih yang tersambung dari instalasi Perumda Tirtawening di Cikalong, Kabupaten Bandung ini dikhususkan untuk melayani blok area Gedebage. Area ini meliputi jangkauan layanan hingga batas Jalan Terusan Buahbatu di barat, Tol Padaleunyi di sisi selatan, Jalan Soekarno-Hatta di sisi utara, hingga batas timur di ujung Kota Bandung.

Untuk menghindari penurunan muka air tanah, layanan baru ini diharapkan bisa dibarengi dengan sosialisasi bahaya penggunaan air tanah oleh warga sebagai akses air bersih.

“Mohon izin Pak Wali dan Pimpinan Dewan, wilayah ini bisa diatur agar akses air tanah tidak lagi dibolehkan untuk melestarikan lingkungan,” katanya.

Sony menambahkan, proyek besar yang bisa memenuhi kebutuhan layanan air bersih bagi warga Bandung timur ini merupakan hasil dukungan penuh Pemkot Bandung dan DPRD Kota Bandung.

“Karena jika tidak ada support dari Pemkot dan DPRD, pembangunan ini tidak akan selesai. Kami berterima kasih karena di-support penuh oleh Pemkot dan Dewan secara luar biasa,” ujarnya.* (Editor)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR