Ketua Dewan Sarankan Budidaya Lele Jadi Pelengkap Ketahanan Pangan Protein Hewani

Editor DPRD Bandung
Rabu, 29 September 2021
Jaja/Humpro DPRD Kota Bandung.
Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan, AT., MM., menghadiri Gerakan Berbagi Pangan Bergizi (Geber Pagi) Buruan Sae Peduli tahun 2021, di Pendopo Kota Bandung, Rabu (29/9/2021).

Humas DPRD - HumasDPRD - Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, AT., M.M., menghadiri undangan Geber Pagi Beraksi (Gerakan Berbagi Pangan Bergizi serta Berbagi Asupan Pangan Enak dan Bernutrisi) di Pendopo Kota Bandung, Rabu (29/9/2021).

Acara yang juga dihadiri oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-211 Kota Bandung. Pemerintah Kota Bandung berkolaborasi dengan para stakeholders untuk berbagi pangan bergizi dan bernutrisi untuk mencegah stunting.

Acara tersebut termasuk pada program Buruan SAE Peduli yang digalakkan oleh Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung.

Dalam kesempatan menghadiri acara tersebut, Tedy menekankan agar Program Buruan SAE dapat menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota Bandung terkait dengan permasalahan ketahanan pangan dan stunting pada anak. Sisi positif lainnya juga upaya tersebut dapat memberdayakan masyarakat.

Sampai saat ini terdapat beberapa program ketaganan pangan lainnya yang telah dilakukan Pemerintah Kota Bandung. Ia melihat sisi positif dari ketahanan pangan yang bisa dilakukan di setiap rumah ini bisa memberdayakan masyarakat sekaligus menjadi solusi penanganan stunting.

Namun, Tedy mengatakan perlu dilakukan pengawasan lebih lanjut untuk melihat program dan aksi yang benar-benar memiliki dampak terhadap pencegahan stunting di Kota Bandung.

Selain sayur-sayuran hasil tanam di media sederhana di setiap rumah, ketahanan pangan juga perlu didukung peningkatan gizi, terutama dari protein hewani. Dengan semangat gerakan yang meminimalisir modal dan material, Tedy melihat budidaya daya ikan dalam ember (budikdamber) menjadi inovasi terdekat dan mudah.

“Kalau saya lihat untuk peningkatan gizi itu paling penting pada protein hewani. Saya dorong pemkot bahwa Balai Benih Ikan di Cibiru itu jadi sentra lele di Kota Bandung, karena sudah komplit itu. Sementara itu di sentra Balai Benih Ikan itu, macam-macam ikan. Lele saja yang paling mudah, di gang-gang juga pake ember juga jalan,” tuturnya.

Jika Pemkot Bandung berkeinginan untuk mendukung ketahanan pangan lewat protein hewani, budikdamber ini bisa jadi rancangan baik untuk diperluas di masyarakat.

“Maka saya selalu berpesan kepada Pemkot Bandung untuk berani mengambil keputusan, misalnya dengan menjadikan Balai Benih Ikan yang ada di Cibiru menjadi sentral ikan lele di Bandung untuk diberdayakan, karena sudah ada serta dari segi kebutuhan dan perangkat pemberdayaannya paling mudah,” tuturnya.

Melalui gencarnya gerakan ketahanan pangan, Tedy berharap angka stunting anak di Kota Bandung dapat segera mengalami penurunan.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, gerakan pangan bergizi ini merupakan sebuah program berkelanjutan mengikuti program urban farming dan Buruan SAE.

“Alhamdulillaah dengan gerakan berbagi pangan bergizi ini dilakukan setelah masyarakat yang melaksanakan urban farming meningkat. Setelah ada hasilnya maka sekarang dibagi-bagi dengan gerakan berbagi pangan bergizi, dibaginya ke masyarakat sasaran kita punya stunting. Maka diberikan kepada masyarakat khususnya dalam rangka mempercepat hilangnya stunting di Kota Bandung,” ujarnya.

Oded meyakini bahwa program ini dirancang berkelanjutan dan terus digerakkan. Ke depan, ia juga mempertimbangkan program ketahanan pangan protein hewani seperti budidaya lele yang disarankan Tedy, atau juga ayam petelur, dan lainnya sebagai pendukung penurunan angka stunting.

“Harapan saya di Kota Bandung ini semua rumah dan gedung tidak sejengkal tanah yang tidak bermanfaat. Tetapi tentu akan kita ajak masyarakat secara bertahap, yang penting itu mengedukasi masyarakat, punya mindset yang sama, pemahaman yang sama,” kata Oded.* (Editor/PKL Syahla/Bunga)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR