Ketua DPRD Tinjau Lokasi Kebakaran Rumah di Ujungberung

Editor DPRD Bandung
Rabu, 25 Mei 2022
Ajie/Humpro DPRD Kota Bandung.
Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., meninjau lokasi kebakaran di kawasan pemukiman Jl. Sukalilah 2, Kelurahan Pasir Jati, Kec. Ujungberung, Selasa (24/5/2022).

HumasDPRD - Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., berharap masyarakat untuk selalu memeriksa instalasi listrik. Mengingat hal tersebut sering menjadi penyebab bencana kebakaran.

Hal tersebut disampaikannya usai meninjau lokasi kebakaran, di kawasan pemukiman Jl. Sukalilah 2, Kelurahan Pasir Jati, Kec. Ujungberung, Selasa (24/5/2022).

"Untuk warga Kota Bandung, tolong cek kembali instalasi listrik. Karena kejadian yang baru kita saksikan karena instalasi listrik yang sudah lama dan mengalami konsleting," ujarnya.

Menurut Tedy, kejadian bencana kebakaran tersebut dapat menjadi pelajaran bagi warga Kota Bandung. Sehingga meningkatkan kehati-hatian dan kewaspadaan, terlebih saat ini memasuki musim kemarau.

"Kemudian cek fitting atau colokan listrik, jangan sampai menumpuk karena berpotensi konslet dan menyebabkan terjadinya kebakaran," ujarnya.

Selain itu, kepada ibu-ibu di dapur ia meminta untuk selalu mengecek kondisi tabung gas. Karena jika ada kebocoran maka mudah sekali terjadi kebakaran.

"Untuk bapak-bapak juga, kalau sudah merokok untuk membuang pada tempatnya. Jangan sampai dibiarkan, yang berdampak dari api kecil lalu menjadi kebakaran," katanya.

Tedy juga meminta kepada Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung untuk mulai mensosialisasikan terkait kewaspadaan akan kebakaran. Terutama ke titik-titik yang dinilai rawan terjadinya kebakaran, seperti pasar-pasar atau pemukiman padat penduduk.

Selain itu, kepada warga yang melihat atau mengalami bencana kebakaran untuk segera melapor ke Call Center 113. Sehingga petugas kebakaran dapat secepatnya melakukan tindakan yang diperlukan.

"Kita berdoa tidak ada bencana kebakaran di Kota Bandung, sehingga aset yang dimiliki bisa terjaga dan terpelihara. Mari kita lebih waspada dan perhatikan sekitar, terutama instalasi listrik dan tabung gas yang sering menjadi penyebab kebakaran," ujarnya.* (Rio/Tofan)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR