Pimpinan DPRD Cek Persiapan Vaksinasi Massal Covid-19 di GBLA

Editor DPRD Bandung
Rabu, 16 Juni 2021
Indra/Humpro DPRD Kota Bandung.
Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, AT., MM bersama Wakil Ketua DPRD Ade Supriadi, S.E. dan H. Achmad Nugraha, DH, SH, meninjau persiapan pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19, di Stadion GBLA Bandung, Rabu (16/6/2021).

HumasDPRD - Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, AT., MM bersama Wakil Ketua DPRD Ade Supriadi, S.E. dan H. Achmad Nugraha, DH, SH, meninjau persiapan pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19, di Stadion GBLA Bandung, Rabu (16/6/2021).

Dalam inspeksi lapangan itu, Pimpinan DPRD Kota Bandung didampingi langsung Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Eddy Marwoto.

Kegiatan vaksinasi massal Covid-19 tersebut sedianya akan digelar pada Kamis (17/6/2021). Vaksinasi ini menargetkan sebanyak 5000 peserta dari masyarakat se-Bandung Raya.

Dalam persiapannya, tampak kolaborasi dari unsur petugas gabungan TNI-Polri,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, serta instansi pemerintah daerah, di antaranya Diskar PB Kota Bandung, DPKP Kota Bandung, dan unsur aparat kewilayahan setempat.

"Melihat persiapan yang dilakukan oleh seluruh instansi terkait, kami mengapresiasi  pemerintah pusat, dalam hal ini Panglima TNI dan Kapolri, termasuk dari Kementerian Kesehatan yang sangat peduli kepada Kota Bandung. Apalagi tren kasus positif Covid-19 harian di Kota Bandung dalam beberapa hari terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan, yaitu 100-150 kasus," ujar Tedy, di Stadion GBLA.

Meski demikian, ia melanjutkan, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung yang diterimanya, grafik kasus Covid-19 harian per Selasa (15/6/2021) mengalami penurunan dibandingkan dengan beberapa hari sebelumnya. Saat ini sebaran kasus Covid-19 tercatat berada di angka 104 kasus positif.

Ia berharap, dengan upaya penanganan yang terus dilakukan oleh pemerintah disertai meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berdisiplin menerapkan protokol kesehatan, tren kasus sebaran Covid-19 di Kota Bandung dapat terus menurun.

"Salah satu upaya penanggulangan Covid-19 yang dilakukan pemerintah dalam rangka memutus rantai penularan, seperti yang dapat kita saksikan saat ini, bagaimana kesigapan pemerintah untuk dapat menyukseskan vaksinasi massal Covid-19 yang akan digelar besok. Bagaimana alur masuk dan keluar para peserta dan lain sebagainya telah dipersiapkan secara baik. Apalagi rencananya, Pak Panglima TNI dan Pak Kapolri akan kembali datang meninjau pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 di Kota Bandung," ucapnya.

Tedy pun optimistis dengan kapasitas tempat penyelenggaraan yang representatif ini maka pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 di Stadion GBLA Bandung dapat berjalan secara lancar dan aman.

"Melihat kapasitas lokasi Stadion GBLA Bandung yang representatif mudah-mudahan agenda besok dapat berjalan lancar dan diharapkan tidak terjadi kerumununan yang di luar dugaan seperti penyelenggaraan sebelumnya," katanya.

Sementara itu, Kadispora Kota Bandung Eddy Marwoto menjelaskan, kegiatan vaksinasi massal Covid-19 akan mulai diselenggarakan sekitar Pukul 10.00 WIB. Kegiatan tersebut akan disaksikan langsung oleh Panglima TNI dan Kapolri.

"Kegiatan vaksinasi massal Covid-19 ini merupakan instruksi langsung dari pemerintah pusat, melalui Panglima TNI, bahwa kegiatan vaksinasi massal Covid-19 ini akan terus dilakukan secara stimultan di beberapa daerah di Jawa Barat. Mudah-mudahan kegiatan besok tidak terjadi kondisi seperti yang terjadi sebelumnya di Sudirman Grand Ballroom, di mana peserta melebihi target dari yang telah ditentukan panitia, meskipun kalau melihat kapasitas Stadion GBLA ini masih memungkinkan kalau pun melebihi target 5000 peserta, tapi bukan itu yang kita inginkan," ujarnya.

Eddy menambahkan, selain persiapan yang tengah dilakukan, panitia penyelenggara pun dijadwalkan akan menggelar gladi pada hari ini sekitar pukul 15.00 WIB, guna memaksimalkan kesiapan penyelenggaraan vaksinasi massal Covid-19 di Stadion GBLA Bandung.

Selain itu, Pemerintah Kota Bandung melalui aparat kewilayahan juga telah menyosialisasikan kegiatan tersebut kepada masyarakat di Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, agar dapat ikut mendukung juga menyukseskan kegiatan yang memiliki tujuan kebermanfaatan bagi masyarakat.

"Dari informasi yang kami peroleh, secara teknis, agenda besok akan ada dua pintu di bagian Utara dan Selatan yang akan dibuka sebagai akses keluar masuk peserta, agar tidak terjadi kerumununan. Untuk tamu yang hadir akan diarahkan datang dan keluar melalui pintu Barat. Kegiatan vaksinasi massal Covid-19 ditargetkan dimulai pukul 10.00 WIB dan selesai pada pukul 15.00 WIB," katanya.* (Permana)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR