Rendiana Awangga Sambut Baik Study Visit HMI Komisariat Unpas Bandung

Editor DPRD Bandung
Selasa, 22 November 2022
Ariel/Humpro DPRD Kota Bandung.
Anggota Komisi B DPRD Kota Bandung Rendiana Awangga menerima study visit Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, di Ruang Rapat paripurna DPRD Kota Bandung, Selasa (22/11/2022).

HumasDPRD - Anggota Komisi C DPRD Kota Bandung Rendiana Awangga menerima study visit Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, di Ruang Rapat paripurna DPRD Kota Bandung, Selasa (22/11/2022).

Rendiana Awangga sangat menyambut baik dan mengapresiasi adanya program kerja study visit HMI Komsat Unpas karena bisa mengenal lebih jauh bagaimana fungsi dari DPRD.

“DPRD sangat menyambut baik program kerja dari HMI study visit ini, karena dengan ini kita (DPRD) bisa memperkenalkan Alat Kelengkapan Dewan dan fungsinya sebagai Representasi dari masyarakat Kota Bandung Khususnya” tutur pria yang biasa dipanggil Awang ini.

Awang memperkenalkan pentingnya dari fungsi DPRD yaitu Penganggaran, Pengawasan, dan Legislasi untuk mewujudkan pelayanan prima terhadap masyarakat.

“Fungsi DPRD itu ada 3 yaitu Budgeting yaitu penganggaran, di mana kita membahas APBD Kota Bandung yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Setelah dianggarkan program kerja dari eksekutif, kita awasi implementasinya yang masuk ke dalam fungsi controlling dan fungsi terakhir adalah legislasi, fungsi ini mengharuskan kita membuat peraturan-peraturan pada tingkat daerah bersama wali kota sebagai pihak eksekutif. Tentunya peraturan ini mengacu pada Perundang-undangan dan muatan lokal Kota Bandung,” ujar Awang.

Ia menambahkan bahwa peran representasi dari kita (DPRD) yang paling utama, sehingga kita harus benar benar bisa memastikan pelayanan prima kepada masyrakat secara efektif dan efisien

Sementara itu, Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Eka Taofik Hidayat menambahkan bahwa DPRD didukung oleh Sekretariat Dewan yang membantu kinerja dewan dalam menerima tamu kunjungan dan menerima aduan dan aspirasi masyarakat melalui aplikasi dan media sosial.

“Jadi apabila teman-teman dari Unpas ini memiliki aspirasi dari masyarakat bisa disampaikan melalui kegiatan reses, media sosial, ataupun bisa mengakses halaman aspirasi ‘SIAP LUR,’ Sistem Informasi Aspirasi Pengaduan dan Keluhan Warga yang nantinya akan diproses dan diteruskan kepada AKD yang bertanggung jawab dengan permasalahan tersebut,” tutur Eka.* (Nuzon)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR