Pansus LKPJ

Survei Potensi Pajak Jadi Dasar Tingkatkan Target Pendapatan

Editor DPRD Bandung
Selasa, 6 April 2021
Indra/Humpro DPRD Kota Bandung.
Pansus 1 DPRD Kota Bandung lakukan rapat kerja membahas realisasi kinerja dari Pendapatan Pajak Daerah tahun 2020 bersama BPPD kota Bandung, di Ruang Rapat Bamus DPRD Kota Bandung, Selasa, (6/4/2021).

HumasDPRD - Pansus 1 DPRD Kota Bandung lakukan rapat kerja membahas realisasi kinerja dari Pendapatan Pajak Daerah tahun 2020 bersama BPPD kota Bandung, di Ruang Rapat Bamus DPRD Kota Bandung, Selasa, (6/4/2021).

Anggota Pansus 1 Folmer Siswanto M. Silalahi, ST, berharap Pemerintah Kota Bandung bisa melakukan survei pajak agar potensi pajak bisa maksimal.

“Kegiatan dasar untuk meningkatkan target pajak itu kegiatan survei pajak daerah. Kajian target pajak dari lapangan. Ini bagaimana menentukan refocusing. Pandemi ini tidak mungkin berharap volumenya banyak, tapi bisa saja transaksinya hak atas tanah dan bangunan," ujar Folmer.

Anggota Pansus 1 lainnya, Agus Andi Setyawan, S.Pd.I, mengatakan target pajak perlu lebih dikaji, karena merupakan tulang punggung pendapatan kota.

“Faktor pendapatan daerah itu menjadi tulang punggung di Kota Bandung, apalagi di masa pandemi. 7 kali realokasi sangat berpengarauh pada kinerja pelayanan daerah kepada masyarakat. Namun jangan sampai mudah memberi alasan, dikarenakan pandemi ini. Layanan perizinan perlu diperbaiki. Poin evalusasi terlambatnya pemberian izin, misal perizinan apartemen, target parkir, dan sebagainya yang mempengaruhi pendapatan pajak," kata Agus.

Ketua Pansus 1, Ferry Cahyadi Rismafury, SH, menilai bahwa pemerintah perlu mendorong pengusaha untuk memproses perizinan.

“Bagaimana mendorong pengusaha di Kota Bandung untuk memproses perizinan. Datanya banyaknya yang tidak berizin dibanding dengan yang berizin. Termasuk kurangnya kajian penetapan target, yang tidak cukup ketersediaan data,” ujarnya.* (Indra)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR