Diskusi Publik

Tertib Perizinan Menghasilkan Manfaat bagi Masyarakat

Editor DPRD Bandung
Rabu, 17 Maret 2021
Satria/Humpro DPRD Kota Bandung.
Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, H. Rizal Khairul, SIP., M.Si., menghadiri undangan Dialog Interaktif membahas Penertiban dan Perizinan, di B-Radio 95,6 FM, Jalan Jurang, Kota Bandung, Rabu (17/3/2021).

HumasDPRD - Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, H. Rizal Khairul, SIP., M.Si. mengajak warga Kota Bandung untuk tertib perizinan, tidak sebatas terkait usaha tetapi juga bidang lainnya.

Hal tersebut disampaikan Rizal pada Dialog Interaktif membahas Penertiban dan Perizinan, di B-Radio 95,6 FM, Jalan Jurang, Kota Bandung, Rabu (17/3/2021).

Menurut Rizal, perizinan tidak hanya sebatas usaha, tetapi juga mendirikan bangunan, reklame dan lain sebagainya. Dengan adanya perizinan, maka ada potensi pajak atau pendapatan daerah, yang selanjutnya berkontribusi pada pembangunan di Kota Bandung.

“Jadi manfaatnya dirasakan oleh semua masyarakat, mulai dari pembangunan infrastruktur, pelayanan sosial, kesehatan dan lain sebagainya," ujarnya.

Rizal menjelaskan, masih banyak bidang usaha maupun pembangunan yang tidak berizin di Kota Bandung. Sebagian dari kondisi ini muncul dari pengaruh kesulitan warga untuk mengurus perizinan.

Ia mengakui citra negatif yang masih beredar di masyarakat ketika melakukan pengajuan perizinan. Permasalahan yang biasanya dihadapi warga mulai dari prosedur, waktu proses yang lama, hingga biaya yang tidak sedikit.

“Ini yang sedang kita benahi dengan terus berkoordinasi dengan dinas terkait dalam mempermudah proses perizinan, seperti pemanfaatan teknologi informasi dan lain sebagainya," katanya.

Jika masyarakat terkendala saat mengurus proses perizinan, Rizal meminta warga untuk melaporkan segala jenis kesulitan yang dihadapi.

“Kita juga sedang berusaha meminimalisir sentuhan langsung antara masyarakat dan petugas. Jika ada yang ingin diadukan bisa melalui aplikasi LAPOR, instagram DPRD Kota Bandung atau langsung ke kami," tuturnya.

Ia berharap dengan semakin dipermudahnya perizinan di Kota Bandung, maka investasi juga bertambah, dan meningkatkan pembangunan dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Perizinan ini dalam rangka memudahkan warga untuk berusaha dan berupaya di Kota Bandung, termasuk investasi,” ujarnya.* (Rio)


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR